Pemkot Makassar Biarkan Burger King Jalan Hasanuddin Beroperasi Tanpa Izin - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

NEWS

Pemkot Makassar Biarkan Burger King Jalan Hasanuddin Beroperasi Tanpa Izin

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Outlet Burger King di Jalan Hasanuddin Makassar tetap beroperasi meski tidak mengantongi izin operasi dari pemerintah kota Makassar.

Outlet atau cabang ke enam Burger King di Makassar yang diresmikan Jumat (24/7/2020) siang tadi dengan dihadari oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muh. Ansar ternyata tak punya izin dari pemerintah kota Makassar.

Manager Burger King area Makassar, Joe Seran saat diwawancara mengatakan segala yang berkaitan dengan izin operasional itu melalui pusat.

“Tadi yang buka peresmian Sekda Kota Makassar M Ansar dan di luar ada karangan bunga dari Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin,” kata Joe.

“Saya tidak pernah urus izin dari sini. Semua outlet urus di pusat. Izin yang baru saya terima, IMB sama lalin,” tambahnya lagi.

Tidak adanya izin operasi tersebut turut dibernarkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP). Kepala Bidang Pelayanan Belakang Non Teknis, Andi Engka mengatakan hingga saat ini, pihak Burger King belum memasukkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Perihal izin usaha atau NIB dari pusat yang dijadikan dasar pihak Burger King dinilai Engka sebagai pendataan semata untuk diadministrasikan bukan izin operasi.

alterntif text

“Tapi belum ada dikeluarkan dari pemerintah kota Makassar izinnya,” terangnya.

Engka pun menyatakan saat dirinya melakukan koordinasi dengan Dinas Perdangangan Kota Makassar juga disebut belum terdaftar.

“Saya tanya Komdis dan Perdagangan, bagaimana ini? Pak Allu bilang belum ada. Di sini, kita cek di sistem belum ada juga,” ucap Engka.

Maka dari itu, sebagai perusahaan besar atau restoran cepat saji tersebut disebut harusnya sudah memiliki izin terlebih dahulu sebelum beroperasi.

“Masa tidak ada izin, perusahaan lain saja ada yang bergitu besar dan lakunya taat administrasi,” sindirnya.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Penindakan dan Pengawasan Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Syahruddin juga mengaku pihaknya kecolongan soal pembukaan usaha Burger King di jalan Hasanuddin yang tak memiliki izin. Disdag Makassar mengatakan akan menelusuri letak kesalahan usaha Burger King tersebut.

“Informasi saya terima diterima bahwa Burger King belum mengantongi izin operasional. Saya akan mengarahkan untuk mengurus 1×24 jam ke PTSP,” kuncinya.

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending