Rudy : Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Untuk Kepentingan Investor - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Rudy : Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Untuk Kepentingan Investor

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar beremcana akan melakukan pelebaran ruas Jalan Metro Tanjung Bunga dalam waktu yang belum ditentukan. Rencana itu mengemuka dalam pertemuan antara Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin dan PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD), di Rujab Wali Kota Makassar, Jl Penghibur, Jumat (7/8/2020).

Dalam pertemuan yang diisi agenda penyerahan surat pernyataan penyerahan aset Pemkot Makassar di kawasan Tanjung Bunga itu, Rudy mengaku bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Chairul Tanjung selaku pemilik lahan di kawasan Trans Studio untuk keperluan pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga.

“Jadi ini menyusul juga pertemuan yang sudah kita lakukan dengan pak CT selaku pemilik tanah Trans Mall, dan GMTD sudah mengaku siap serahkan lahan. Ini sudah sesuai kebutuhan keperluan pelebaran Jalan Metro,” ujarnya.

Ke depan, kata dia, hanya persoalan teknis dan administasi saja yang akan diselesaikan sehingga Pemerintah Kota Makassar bisa segera melaksanakan pengerjaan pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar.

“Insha Allah sudah lancar, tinggal ada beberapa hal kecil yang akan kita lakukan pendekatan dan saya yakin ini tidak akan menjadi masalah,” katanya.

Selanjutnya, Rudy mengaku optimis pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar tersebut akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat serta para investor.

“Tentu kami optimis, karena pelebaran jalan ini bukan semata-mata untuk keuntungan kita semata, tapi secara ekonomi dapat memberikan keuntungan investor yang ada di Kawasan Metro Tanjung Bunga, GMTD, TSM dan lain-lain,” pungkas dia.

Disisi lain, PT GMTD kepada Pj Walikota Makassar Rudy Djamaluddin dalam surat itu disebutkan, bahwa lahan yang terletak di Kelurahan Maccini Sombala Kecamatan Tamalate diserahkan kepada Pemerintah Kota Makassar untuk keperluan pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar.

alterntif text

Associate Director GMTD, A Eka Firman mengatakan meski sudah menyerahkan surat pernyataan sebagai bukti kesiapan penyerahan lahan, tapi pihaknya belum bisa memastikan luasan dan nilai lahan yang nantinya akan diserahkan.

“Luasan (lahan) akan dibicarakan selanjutnya, nilai (lahan) belum ada. Kita tunggu, kapan tergantung pemerintah kota,” ujarnya.

Eka menambahkan, kesiapan penyerahan lahan sebagai salah satu bentuk komitmen GMTD dalam mendukung progam pemerintah, serta kesamaan tujuan antara GMTD dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Tidak Prioritas, Anggaran Proyek Trotoar Tanjung Bunga Rp130 Miliar Tuai Sorotan

“Karena kesamaan visi misi antara owner dan Pak Gubernur Nurdin Abdullah,” kata Eka.

Dia berharap, penyerahan lahan milik GMTD tesebut dapat dioptimalkan pemanfaatannya oleh Pemerintah Kota Makassar untuk kepentingan masyarakat.

“Semoga Pemkot dapat memanfaatkan lahan yang kami berikan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat Makassar dan Sulsel,” pungkas dia.

Terpisah, Pj Walikota Makassar Rudy Djamaluddin memberikan apresiasi atas kesiapan GMTD menyerahkan lahan kepada Pemerintah Kota Makassar untuk keperluan pelebaran jalan Metro Tanjung Bunga.

“Jadi tentu kita apresiasi GMTD sesuai komitmen dengan pemkot terkait pelebaran Jalan Metro. Dan tadi menyerahkan surat pernyataan bahwa siap menyerahkan lahan yang diperlukan untuk pelebaran jalan metro,” katanya.

Sekedar diketahui, Jalan Metro Tanjung Bunga sebelumnya berada di bawah pengelolaan PT GMTD selaku pengembang.

Jalan Metro Tanjung Bunga merupakan akses penghubung menuju Kelurahan Barombong atau wilayah perbatasan dengan Kabupaten Gowa. Sepanjang Jalan Metro Tanjung Bunga masuk dalam area pengembangan PT GMTD dan merupakan kawasan pemukuman elit, wisata pantai dan perhotelan.

Dalam Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), wilayah Tanjung Bunga telah ditetapkan sebagai Kawasan Pengembangan Bisnis dan Pariwisata Terpadu.

(**)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending