Disnaker Makassar Klaim Laporan PHK Berkurang - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Disnaker Makassar Klaim Laporan PHK Berkurang

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar mengklaim jumlah laporan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sudah mulai berkurang, menyusul kondisi perekonomian yang berangsur-angsur pulih, pasca kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa bulan lalu.

Kadisnaker Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan mengatakan, saat ini pihaknya terus berfokus menangani laporan PHK. Meskipun laporan itu sendiri telah mengalami penurunan jumlah.

“Di awal-awal pandemi kita menangani laporan PHK rata-rata 20 sampai 30 per hari, sekarang rata-rata lima per hari,” kata Irwan Bangsawan saat diwawancara di Balaikota Makassar, Senin (10/8/2020).

alterntif text

Ia menjelaskan, bahwa mereka (pekerja) yang mengalami PHK akan dimediasi dengan pihak perusahaan agar mendapat haknya.

Meski begitu, Irwan Bangsawan menilai telah banyak perusahaan, dan badan usaha yang sudah kembali beroperasi dan kembali mempekerjakan karyawannya yang sebelumnya di rumahkan atau Work From Home (WFH).

“Kita terima langsung dan kita memediasi. Alhamdulillah ini dalam proses. Kita juga mediasi yang PHK untuk diberi pesangon, ada yang dikasih kembali kerja juga, kita arahkan ke situ. Tapi rata-rata mereka di PHK dikasih pesangon,” jelasnya.

“Pesangonnya tergantung dalam UU Nomor 13. Jadi bervariasi. Gaji masing-masing orang berbeda. Ada hitung-hitungannya juga. Saya tidak bisa sebut jumlah nilainya,” sambungnya.

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending