Pemkab Gowa Support Rehabilitasi Lahan Konservasi Gunung Bawakaraeng PKD Mapala Sulsel - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Pemkab Gowa Support Rehabilitasi Lahan Konservasi Gunung Bawakaraeng PKD Mapala Sulsel

Published

on

Makassartoday.com, Gowa – Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia ke 75 tanggal 17 Agustus nanti, Pusat Koordinasi Daerah ( PKD ) Mapala tingkat perguruan tinggi se- Sulawesi Selatan akan melaksanakan kegiatan Rehabilitasi Lahan Konservasi Gunung Bawakaraeng.

Hal ini dilakukan sebagai langkah konkret terkait meluasnya pembukaan lahan atau alih fungsi hutan di kawasan konservasi Gunung Bawakaraeng, sekaligus merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 75 dengan mengangkat tema “Merajut Cinta Para Pegiat Alam Bebas Dalam Pemulihan Ekosistem Bawakaraeng”.

Kegiatan tersebut langsung mendapat sambutan positif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa. Hal ini terlihat saat perwakilan dari PKD Mapala Sulsel, melakukan audiensi dengan Bupati Gowa yang diwakili H. Muhammad Rusdi, SH. M.si selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Gowa ( 11/08/2020 ).

“Kami berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, dan Lingkungan, khususnya dikawasan Konservasi Gunung Bawakaraeng ” kata Pak Rusdi saat bertemu dengan perwakilan PKD Mapala Sulsel.

alterntif text

Sementara itu Ketua Panita Kegiatan, Rahmat Kurnia mengatakan, permasalahan lahan kritis telah mempengaruhi tata guna lahan sejak dahulu, tetapi selama ini belum ditemukan kebijakan yang secara komprehensif berupaya memperbaiki permasalahan lahan kritis di Indonesia khususnya di daerah pegunungan seperti kawasan Gunung Bawakaraeng.

“Kegiatan ini kami lakukan karena permasalahan lahan yang kritis telah mempengaruhi tata guna lahan sejak dahulu di Gunung bawakaraeng, oleh karena itu harus ada kebijakan dan tindakan komprehensif yang berupaya memperbaiki permasalahan lahan kritis untuk mencegah terjadinya degradasi kualitas lingkungan,” ucap Rahmat yang akrab disapa Owasta Sangmane dan juga merupakan anggota Mapalasta.

Kolaborasi PKD Mapala Sulsel dan Pemda Kab. Gowa diharapkan mampu untuk memberikan solusi atas permasahakan ekosistem yang terjadi di gunung Bawakaraeng. Kegiatan ini akan di laksanakan pada tanggal 13 s/d 18 Agustus 2020 di Lahan Konservasi Gunung Bawakaraeng, Kecmatam Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi- Selatan.

Adapun program yang akan dilaksanakan selama kegiatan yaitu focus group discussion, penanaman pohon, aksi bersih, pemeriksaan kesehatan dan tentunya upacara bendera dalam memperingati HUT RI ke 75 yang diikuti oleh Mahasiswa Pecinta Alam tingkat perguruan tinggi se-Sulawesi Selatan sesuai dengan protokol kesehatan covid 19.

(**)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending