Overload, TPA Antang Diwacanakan Pindah Ke Pattallassang - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Overload, TPA Antang Diwacanakan Pindah ke Pattallassang

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar ingin merelokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Tamangapa atau yang biasa disebut TPA Antang ke Pattallassang (Gowa) diharap bisa terealisasi dalam waktu dekat.

Rencana pemindahan TPA itu sendiri karena dianggap TPA Antang sudah tidak mampu lagi menampung banyaknya sampah juga mengganggu kenyamanan warga yang bermukim di sekitarnya, karena menimbulkan bau busuk.

Plt Kepala DLH Makassar, Andi Iskandar saat diwawancara mengatakan, TPA Antang dalam sehari menerima sampah sebanyak 700 sampai 1000 Ton. Sementara lahan yang tersedia sudah tidak ada lagi.

“Kalau di sana itu (TPA Antang), sudah overload, sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditambah,” kata Iskandar saat dikonfirmasi, Rabu (12/8/2020).

Pemilihan daerah Pattalassang sendiri sebagai tempat relokasi dianggap solusi yang tepat. Apalagi, TPA itu akan diberi nama Mamminasata yang sekaligus menjadi tempat pembuangan sekaligus pengolahan sampah modern.

“Kalau di sana pasti masalah sampah di Makassar tidak ada lagi,” jelasnya.

Untuk itu, pembagunan ini diharap bisa dimulai dalam waktu dekat. Sehingga sampah di kota Makassar yang hendak dibuang ke TPA Antang sudah bisa dibawa kesana dan tidak memperparah kondisi TPA yang ada sekarang ini.

“Yah semoga bisa secepatnya,” harapnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin sendiri mengatakan lokasi TPA yang baru (Pattallassang) telah diusulkan ke Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bidang cipta karya.

“Memang kota makassar yang masuk kategori kota metropolitan, seyogyanya sampah konvensionalnya itu harusnya sudah tidak ada lagi. Apalagi di tengah pemukiman, olehnya, melalui kementerian PUPR bidang cipta karya itu kita akan meminta dukungan tentang pembuangan tempat sampah baru,” kata Rudy.

Rudy yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas PU Sulsel itu mengaku, lahan TPA yang baru telah memenuhi persyaratan untuk tempat pembuangan sampah terpadu sekaligus sebagai tempat pengelolaan serta pengolahannya. Sejumlah investor pun diklaim tertarik untuk proyek itu.

“Sementara beberapa investor yang siap untuk melakukan pengolaan sampah kita di kawasan patalassang. Mudah-mudahan jadi, tapi bahwa investor masuk, itu perlu dukungan masyarakat, kadang kala hambatan kecil membuat investor banyak halangan untuk masuk,” kuncinya.

Rudy menambahkan nantinya TPA di Pattallassang akan dibuat sebagai pusat industrialisasi pengolahan sampah. Sejumlah daerah yang masuk dalam kawasan regionala Mamminasata, seperti Makassar, Takalar dan Maros akan membuang sampat di tempat tersebut.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending