Parpol Tarik Dukungan Pasca Pendaftaran? Ini Penjelasan KPU Makassar - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

Parpol Tarik Dukungan Pasca Pendaftaran? Ini Penjelasan KPU Makassar

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Empat pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Walikota Makassar telah mendaftar sebagai peserta Pilkada 2020 di KPU Makassar melalui jalur parpol. Meski demikian, isu tentang adanya parpol yang akan menarik surat dukungan masih bertebaran di tengah masyarakat, khususnya di kalangan pendukung paalon.

Menanggapi isu itu, KPU Makassar menegaskan, surat rekomendasi atau dukungan model B.1-KWK dan B.KWK yang telah melalui proses administrasi di KPU tidak bisa lagi ditarik.

“Tidak bisa ditarik. Tetap terhitung sebagai pendukung. PKPU 1 tahapan pencalonan. Misalkan bapaslon A ditarik dukunganya tetap terhitung di KPU kalau partai itu mengusung bapaslon A,” terang Komisioner KPU Makassar Divisi Teknis, Gunawan Mashar pada Makassartoday.com, Kamis (10/9/2020).

Diketahui empat pasangan yang telah mendaftar di KPU Makassar yakni, Danny-Fatmawati (ADMA), Irman-Zunnun (IMUN), Deng Ical-Ananda (Dilan) serta Appi-Rahman.

alterntif text

Adapun mekanisme tersebut, kata Gunawan, sudah tertuang dalam PKPU nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Untuk tahapan administrasi selanjutnya, KPU Makassar dalam proses verifikasi surat tanda tamat belajar (Ijazah) di sekolah dan kampus empat pasangan bakal calon itu pernah menempuh pendidikan.

“Sekarang ini lagi tahap verifikasi dokumen. Penetapan nanti tanggal 24. Jadi ini verifikasi dokumen kita liat ijasanyah bapaslon, kita datangi semua sekolah-sekolahnya apa betul ijasah yang dikeluarkan betul dari sekolah itu. Mulai dari SMA, S1, S2, sampai S3,” terangnya.

Diketahui, tahapan Pilwali di Makasaar tegah berlangsung, dua tahapan yakni Pendaftaran dan Pemeriksaan kesehatan pasangan balon telah dilakukan meski hasilnya hingga hari ini belum diketahui.

Berikut Tahapan KPU Makassar, 24 September 2020. Pengundian dan pengumuman nomor urut Paslon.23 September – 9 November 2020. Sengketa pasangan calon. 26 September – 5 Desember 2020. Kampanye.

9 Desember 2020. Pemungutan Suara.

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending