185 Warga Biringkanaya Ikut Tes Swab Massal - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

185 Warga Biringkanaya Ikut Tes Swab Massal

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Hari kedua, Tes Swab massal yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar di Kecamatan Biringkanaya menyasar 185 orang warga.

Dimana dari 185 orang warga yang ikut pada hari, Sabtu (12/9/2020) kemarin 16 orang diantaranya Tes Swab di atas Mobil PCR. Hasilnya pun menggembirakan, tidak ada satupun yang dinyatakan positif Covid-19. Sementara 169 lainnya masih harus menunggu hasil dari laboratorium. 

Kepala Diskes Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan hasil tes swab baru akan diketahui paling cepat dua hari setelah tes berlangsung. Dikarenakan harus dikirim ke laboratorium untuk diperiksa.

“Hasil tesnya akan diperiksa di Laboratorium UNHAS Makassar. Mudah-mudahan lusa sudah diketahui hasilnya,” kata Naisyah. 

Adapun jika hasilnya sudah keluar, Naisyah menyebut akan langsung diberitahukan pada masyarakat. Baik negatif maupun positif. Agar segera mendapat penanganan secepatnya. 

Lalu apabila ada hasil yang menyatakan Positif Covid-19 maka akan akan diarahkan untuk isolasi mandiri di rumah masing masing. Dengan syarat rumah memiliki kamar mandi dalam dan tidak memiliki banyak penghuni. 

alterntif text

“Hasilnya berikan ke warga, mau negatif atau positif supaya orang tahu. Kalau sudah diperiksa dan negatif kan alhamdulillah,” terangnya.

Lebih jauh, Naisyah menjelaskan ada dua metode swab yang digunakan pihaknya yaitu swab biasa dan swab dengan memanfaatkan mobil PCR. Di mana mobil PCR hasil tesnya akan lebih cepat diketahui bahkan hanya hitungan jam saja.

“16 orang dites menggunakan mobil pcr, sementara 169 tes swab biasa, dari total 185 yang ikut,” pungkasnya.

Diketahui, gerakan tes swab massal oleh Pemkot Makassar adalah salah satu program untuk menekan angka penyebaran kasus Covid-19 di enam kecamatan yang masih berstastu zona merah Covid-19.

Berikut jadwal Tes Swab di Enam Kecamatan itu:
– Jumat (11/9/2020) di Kecamatan Rappocini.
– Sabtu (12/9/2020) di Kecamatan Biringkanaya.
– Senin (14/9/2020) di Kecamatan Panakukang,
– Selasa (15/9/2020) di Kecamatan Tamalate.
– Rabu (16/9/2020) di Kecamatan Manggala,
– Kamis (17/9/2020) di kecamatan Tamalanrea

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending