Tempat Isolasi Pasien Positif Covid-19 Di Makassar Baru Terpakai 30 Persen - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Tempat Isolasi Pasien Positif Covid-19 di Makassar Baru Terpakai 30 Persen

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Ruang perwatan atau tempat untuk mengisolasi pasien positif Covid-19 di Kota Makassar disebut Tim Epidemiologi Penanggulangan Covid-19 Makassar masih mencukupi. Bahkan yang baru terpakai hanya sekitar 30 persen dari tempat yang ada.

Data itu sendiri kata Ketua Tim Epidemiologi Pananggulangan Covid-19 Makassar, Ansariadi sudah termasuk Sulawesi Selatan (Sulsel) dimana sebagian besar tempat tidur atau Rumah Sakit (RS) perawatan pasien Covid-19 berada di Kota Makassar.

“Batas maksimal kapasitas tempat tidur sekitar 2.661 sekarang yang terpakai baru kurang lebih 900. Jadi kemampuan untuk menangani kasus di Makassar, kita masih jauh lebih bagus,” kata Ansariadi saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2020).

Lebih jauh, Ansariadi menyampaikan kapasitas ruang perawatan isolasi yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel sekitar 13.144 ruangan.

Batas untuk tempat isolasi sendiri sudah termasuk hotel yang disiapkan dengan total 13 ribu kamar.

“Jadi kalau ada yang positif tanpa gejala kita masih bisa tampung di sini, nah sekarang yang baru terpakai itu 2.600,” tungkasnya.

alterntif text

Maka dari itu, ia memberi catatan Pemkot Makassar agar meningkatkan kemampuan tes swab pada masyarakat. Apalagi angka kemampuan tes swab di Kota Makassar belum mencapai angka satu.

“Standarnya satu, tapi kita baru 0,6. Artinya masih perlu mencari yang ada di Makassar. Nah saya kira yang dilakukan Bu Kadis (Naisyah Tun Azikin) sudah tepat. Menambah mencari mengaktifkan tes swab supaya kasus yang ada di masyarakat dan jumlah spesimen bisa banyak supaya mencapai standar minimal 1,” pesannya.

Adapun jumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Makassaer, yakni RS Dr. Tadjuddin Chalid, RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo, RSUD Labuang Baji, Rumah Sakit Tk.II Pelamonia, RSUP Universitas Hasanuddin, RSUD Sayang Rakyat, RS Dadi dan RSUD Haji.

Terpisah, Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya, Wisnu saat dikonfirmasi mengatakan RSUD Daya sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien positif Covid-19 di Makassar masih memeliki tempat untuk isolasi.

“Masih ada sekitar 15 yang kosong. Sementara di rawat rawat PDP (6), orng, Positif (8). Kalau untuk pasien covid-19 tempat tidur yang dihitung,” terangnya.

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending