KPU Makassar : Rekening Kampanye Paslon Wajib Disetor Sebelum 25 September - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

KPU Makassar : Rekening Kampanye Paslon Wajib Disetor Sebelum 25 September

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menyebut batas deadline pembuka rekening kampanye Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, yakni tanggal 25 September 2020.

Komisioner KPU Makassar Divisi Teknis, Gunawan Mashar mengatakan pembukaan rekening Paslon wajib dibuka sesuai dengan PKPU Nomor 5 tahun 2017 Pasal 15, tercantum bahwa dana kampanye wajib diperoleh, dikelola, dan dipertanggungjawabkan berdasarkan prinsip legal, akuntabel, dan transparan.

“Deadliennya itu sebelum tangal 25 September sudah harus dibuat. Makanya saat penetapan kami menyerahkan salinan berita acara dan salinan SK untuk dimanfaatkan paslon diserahkan ke bank bersama surat pengantar nantinya untuk dibuat rekening dana kampanye,” kata Gunawan, Rabu (23/9/2020).

Gunawan memaparkan, batas nominal sumbangan untuk partai politik atau gabungan partai politik minimal Rp750 juta. Sementara untuk perseorangan Rp75 juta.

Pengumpulan dana kampanye itu sendiri wajib dikarenakan dampaknya pada regulasi itu sendiri.

alterntif text

“Dari situ kita lihat sumbangan kampanyenya dari mana,” terangnya.

Hal ini disebut Gunawan telah disampaikan pada rapat kordinasi. Bahkan pihaknya telah melakukan Bimtek dengan perwakilan paslon dalam pengelolaan dana kampanye.

“Kami sudah membuat aplikasi Sistem Dana Kampanye (Sidakem) yang nantinya diisi, juga akan menjadi bahan KPU untuk mengecek sampai terakhir setelah kampanye. Nanti akan distore lagi dan akan ditutup rekeningnya jelang pemilihan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Makassar, Nursari mengatakan, dalam undang-undang pemilihan ada tiga kategori yang bisa berpotensi untuk mendiskualifikasi calon pasangan Wali Kota, salah satunya terkait dengan dana kampanye.

Dengan begitu ia mengingatkan kepada seluruh pasangan calon yang telah ditetapkan untuk menyampaikan laporan pengelolaan dana kampanyenya pada KPU Makassar secara berkala.

“Kami punya kepentingan untuk mengingatkan para calon untuk patuh terhadap laporan dana kampanye, karna bisa saja berpotensi menggagalkan yang bersangkutan menjadi calon,” pesannya.

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending