Polda Sulsel Ungkap Peredaran Sabu 13 Kg Dan Ekstasi 2.900 Butir - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Polda Sulsel Ungkap Peredaran Sabu 13 Kg dan Ekstasi 2.900 Butir

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Direktorat Narkoba Polda Sulsel berhasil mengungkap pengedaran Narkotika jenis sabu-sabu seberat 13 kg dan pil ekstasi sebanyak 2.900 butir yang dikuasai oleh tiga kawanan pelaku.

Pengungkapan kasus ini pun dirilis Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Irjen Pol Merdisyam di Mapolrestabes Makassar, Kamis (24/9/2020) Dijelaskan bahwa bermula dari informasi yang diterima tim satuan narkoba Polda Sulsel yang selanjutnya ditindaklanjuti.

“Proses penyelidikan berbuah hasil orang yang diuber menguasai barang haram tersebut bersembunyi disebuah rumah kosan di Jalan Bonto Sungguh. Tim Narkoba kemudian menggerebek kosan tersebut. Hasilnya pria berinisial MM dibekuk. Dari tangannya diamankan pula barang bukti yang sebelumnya dikuasai berupa 1 shaset sabu dan 8 butir pil ekstasi warna biru berlogo layaknya club’ bola barselona, selanjutnya MM dan barang buktinya digiring ke Mapolda Sulsel,” jelas Irjen Pol Merdisyam didampingi Direktorat Narkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Hermawan dan Kabid Humas, Kombes Pol Ibrahim Tompo.

Hasil introgasi terhadap MM sambung Kapolda. MM mengakui jika betul saja keterlibatan dirinya melakukan peredaran nakoba. Bahkan pengakuannya masih ada barang haram yang disembunyikan.

“Pengembangan dilakukan langsung Ditreks Narkoba, Kombes Pol Hemawan dengan menggiring MM ke sebuah tempat yang ditujukan barang haram yang disembunyikan. Alhasil sebuah tas warna cokelat berisi 30 shaset sabu milik MM disita,” jelas Kapolda lagi.

alterntif text

Lagi-lagi proses pengembangan dilakukan kata Kapolda setelah identitas keterlibatan pelaku lainnya dikantongi. Hasil pengembangan juga. Tim Narkoba Polda Sulsel berhasil menangkap pria berinisial AT lengkap dengan barang bukti narkoba yang dikuasainya.

“Dua pelaku dari proses pengembangan sementara berhasil diamankan yakni MM dan AT. Dari tangan AT juga diamankan barang bukti berupa 3 saset jenis sabu, 8 bungkus berisi 57 butir pil ekstasi dan 1 butir pil ekstasi berlogo club’ barselona. Tim Narkoba masih melakukan pengembangan,” terang Kapolda.

Jendral berpangkat dua bintang dipundaknya ini melanjutkan, setelah terkuak dari hasil penyelidikan keterlibatan pelaku lainnya yang sudah diketahui, lagi- lagi tim narkoba bergerak pada hari Senin (21/9/2020).

“Sebuah rumah di Jalan Hertasning digerebek, pria berinisial AZ bersama barang buktinya juga diamankan. Barang bukti menurut pengakuan AZ jika dirinya menyembunyikan barang haram lainnya dimobil miliknya. Tim Narkoba kemudian mengamankan sebuah tas ransel milik AZ. Tas ransel itu berisi 14 saset Narkoba jenis sabu lengkap dengan timbangannya,” ungkap Kapolda.

Dengan demikian tambah Kapolda, mereka kawanan pelaku berstatus pengedar berdasarkan dari pengakuan serta barang buktinya saat mereka ditangkap.

“Kawanan pelaku akan dijerat pasal pasal 112 ayat (2) JO pasal132 ayat 1UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana mati. Ancaman seumur hidup, paling lama 20 tahun dan pali g singkat 6 tahun,” tegas Kapolda.

(Askay Khan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending