211 Honorer Pemkot Makassar Diangkat Jadi PPPK - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

211 Honorer Pemkot Makassar Diangkat Jadi PPPK

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Kabar gembira dirasakan ratusan tenaga honorer yang bekerja di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Dimana hasil tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah keluar.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Makassar, Basri Rakhman yang dikonfirmasi mengatakan ada sebanyak 211 tenaga honorer yang dinyatakan lulus tes PPPK rekrutmen tahap I pada.

Hasil itu telah keluar sejak dari pekan lalu. Dari 280 tenaga honorer yang ikut tes, hanya 211 yang dinyatakan lulus.

“Iya sudah keluar, Minggu lalu,” kata Basri, Rabu (14/10/2020).

Tenaga honorer sebanyak 211 itu juga tersebar dalam beberapa instansi, 155 dari guru honorer, 28 dari tenaga penyuluh pertanian, dan 28 dari tenaga kesehatan.

“Banyak yang gugur tapi dari Guru,” tungkasnya.

Adapun untuk proses lanjutannya, Basri mengatakan masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Begitu juga dengan penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP) mereka.

“Belum ada, tunggu Juknis dulu,” tungkasnya.

Sementara untuk pembayaran gajinya nanti, kata Basri, Pemkot telah menganggarkan sekitar Rp 8 Miliar. Dana ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021.

“Sudah ada kalau itu,” ujarnya.

Adapun diketahui, pemerintah pusat telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK pada 29 September. Dengan ini, tenaga honorer yang dinyatakan lulus akan mendapat gaji, termasuk tunjangan seperti PNS.

Pemerintah pusat sebelumnya juga telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK yang merupakan turunan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014. Ini mengatur tentang status kepegawaian pada instansi pemerintah hanya dua yaitu PNS dan PPPK.

(Isak Pasabuan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending