Kejari Barru Ciduk Buronan Kasus Korupsi Proyek Pelabuhan Awerange - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Kejari Barru Ciduk Buronan Kasus Korupsi Proyek Pelabuhan Awerange

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Pelarian Oenardi alias Ayong, terpidana kasus korupsi proyek pembangunan fasilitas Pelabuhan Awerange tahun anggaran 2005 di kabupaten Barru akhirnya diringkus.

Ayong ditangkap oleh tim gabungan Kejari Barru dan Kejati Sulawesi Selatan di rumahnya di Perumahan Taman Toraja, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kamis malam (19/11/2020).

“Yang bersangkutan beberapa kali kami lakukan pencarian dirumahnya namun kami tidak menemukan tempat tinggal beliau sehingga pada hari ini kami mendapatkan informasi data-data DPO dari intel,” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Barru, Andi Ardiaman SH saat ditemui di kantor Kejati Sulsel.

Dari informasi yang diperoleh, kasus ini bergulir di Pengadilan Negeri Barru sejak 2008 silam. Selanjutnya, terpidana melakukan Kasasi di Mahkamah Agung yang menyatakan dirinya bersalah pada tahun 2012 dan dijatuhi hukuman 2 tahun penjara.

“DPO buron lantaran mangkir dan tidak menjalani hukuman dari tahun 2012,” jelasnya.

Kata Ardiaman, Ayong dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam proyek pembangunan fasilitas Pelabuhan Awerange dengan menggunakan dana APBN sebesar Rp 4.315.858.000.

“Dugaan korupsi kekurangan volume pengerjaan yang merugikan negara senilai Rp 300 juta,” bebernya.

Ardiaman menambahkan, terpidana rencananya akan bawa ke Lembaga Pemasyarakatan kota Makassar menjalani isolasi.

Dalam kasus ini, Ayong dijerat Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001, Tentang Revisi Atas UU No. 31 Tahun 1999, Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

(Haeril)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending