Inovasi Polres Takalar, Ciptakan Hand Sanitizer Dari Ballo - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Inovasi Polres Takalar, Ciptakan Hand Sanitizer dari Ballo

Published

on

Makassartoday.com, Takalar – Ballo (?(minuman sejenis tuak khas Sulawesi Selatan) tak hanya dapat diminum. Tuak dari pohon lontar kini menjadi bahan dasar utama penyanitasi tangan atau Hand Sanitizer.

Handa Sanitizer dari bahan Ballo diresmikan dan menjadi inovasi teranyar jajaran Kepolisian Resort (Polres) Takalar.

Kandungan alkohol yang mencapai 42 persen inilah yang membuat Ballo ampuh membunuh kuman, dan suatu kombinasi yabg baik jika dijadikan Hand Sanitizer.

Kapolres Takalar, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Beny Murjayanto selaku inisiator mengatakan, pembuatan Hand Sanitizer berbahan Ballo telah bekerjasama dengan Kimia Farma untuk diproses lebih lanjut.

“Kami bekerjasama dengan Kimia Farma, kemudian dilakukan proses penyulingan sehingga menghasilkan alkohol 42 persen. Dengan begitu, kita sisa menambahkan aroma parfume,” kata AKBP Beny saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Melimpahnya Produksi Ballo di Kabupaten Takalar membuat AKBP Benny berani mencoba inovasi ini. Untuk tahap pertama, pihaknya telah membuat 200 botol Hand Sanitizer dengan kurun waktu tiga hari.

“Untuk perdana pada launching kemarin pada Selasa 24 November, kami buat 200 botol untuk digunakan para personil, karena proses pembuatannya juga lumayan memakan waktu, selam tiga hari,” katanya.

Beny mengaku, pihaknya akan terus memproduksi Hand Sanitizer dari Ballo dan akan dibagikan ke masyarakat luas secara gratis.

Sebagaimana diketahui, Ballo biasanya diminum sebagian warga untuk menghilangkan rasa dingin dan beberapa warga juga percaya minum Ballo dapat menambah daya tahan tubuh jika diminum dalam porsi yang wajar. Sebaliknya, Ballo dapat membuat orang mabuk jika diminum secara berlebihan.

Pemanfaatan Ballo menjadi Hand Sanitizer juga disebut untuk meminimalisir konsumsi Ballo di wilayah Takalar.

(Afrilian Cahaya Putri)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending