KPU Makassar Sebut Ada Kendala Pengiriman Formulir C1 Plano Hologram - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

KPU Makassar Sebut Ada Kendala Pengiriman Formulir C1 Plano Hologram

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar sejauh ini telah menerima sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) dan Logistik yang akan dibagikan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Makassar.

Kendati, yang menjadi kendala saat ini adalah formulir C1 Plano hologram yang mungkin akan terlambat. Hal ini dikarenakan terkendala teknis. Seharusnya Formulir C1 Plano hologram ini datang bersamaan dengan logistik.

“Penyedia mengatakan pengirimannya melalui udara tidak bisa, jadi harus melalui laut. Kami akan berusaha agar tidak ada masalah,” tutur Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Makassar, Mustar Jaya, Rabu (25/11/2020).

Dia menyebut, pihak penyedia baru akan bisa mengirim C1 Plano pada tanggal 29 November 2020 mendatang, sehingga kertas untuk mencatat hasil perhitungan suara itu akan kemungkinan tiba sekitar tanggal 1 Desember.

Sementara, beberapa APD yang sudah diterima KPU Makassar sejauh ini diantaranya, Tisu Steril sebanyak 2.384 buah. Masker sekali pakai berjumlah 7.182 box. Nantinya masker akan dikenakan kepada warga yang tidak menggunakan masker saat ke TPS.

“Untuk protokol kesehatan, yang baru masuk itu tisu steril sebanyak 2.384 buah, dengan kebutuhan 10 buah per TPS. Itu sdh masuk tdi malam. Sementara masker sekali pakai disediakan tiga box per TPS, ini diperuntukkan bagi pemilih yang datang ke TPS yang tidak menggunakan masker. Untuk masker yang telah masuk 7.182 box,” kata Mustar.

Untuk APD yang belum masuk, kata Mustar, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan provinsi termasuk Baju Hazmat untuk para penyelenggara atau petugas TPS.

“Untuk APD yang lainnya belum ada konfirmasi. Kami selalu berkomunikasi dengan provinsi karena pengadaan APD kami juga seperti Baju Hazmat. Pilkada kali ini adalah pilkada yang berat bagi kami, karena adanya pandemi, dan yang kedua adalah Petunjuk teknis (Juknis) terkait pengadaan, sehingga semua Juknis yang kita dapat itu terlambat, tapi tidak ada masalah, kita akan berjalan normal,” tutur Mustar.

Mustar juga menyebutkan jika saat ini logistik berupa kotak suara sudah lengkap dengan jumlah 2.439. Tinta 4.788, Bilik suara 9.576, segel 47.880, kemudian sampul 23.940, kabel ties untuk mengikat kotak suara yang bagian bawah dan bagian atas berjumlah 14.364.

(Afrilian Cahaya Putri/Foto: Ilustrasi)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending