KPU Makassar Temukan 6.274 Surat Suara Rusak - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

KPU Makassar Temukan 6.274 Surat Suara Rusak

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Hingga hari ketiga proses penyortiran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota makassar menemukan sebanyak 6.274 surat suara bakal Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2020, dikategorikan rusak.

Hal ini disampaikan langsung Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Makassar, Mustar Jaya kepada Media, Rabu (25/11/2020).

“Untuk sampai kemarin tanggal 24 November sudah sebanyak 6.274 lembar yang rusak. Sementara yang bagus itu sebanyak 599.685,” kata Mustar Jaya.

Lanjutnya, adapun beberapa jenis kerusakan tersebut misalnya ada yang sobek, kemudian yang paling banyak ditemukan adalah noda di pasangan calon. Juga adanya gradasi warna.

Mustar juga mengatakan, pada proses sortir hari keempat ini, pihaknya akan mengetahui apakah surat suara mencukupi atau tidak. Jika tidak, maka pihak KPU akan menyurat ke penyedia untuk segera dilakukan penggantian terhadap surat suara yang rusak.

“Untuk surat suara yang rusak ini apakah dilakukan penggantian, nanti setelah kita melakukan sortir hari ini kita akan mengetahui kira-kira mencukupi atau tidak. Aturannya memang kita harus menyurat ke penyedia untuk segera dilakukan penggantian terhadap surat suara yang rusak,” tutur Mustar.

Mustar juga menyampaikan, surat suara yang diterima yaitu, untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT)+Cadangan dua setengah persen itu berjumlah 924.771 lembar. kemudian untuk PSU 2.000 lembar.

“Yang sudah disortir itu hingga hari ke-empat ini sebanyak 599.685 InshaAllah hari ini selesai,” ujarnya.

Sementara, tenaga sortir yang hadir hari keempat ini, kata Mustar, yakni sebanyak 250an orang.

(Afrilian Cahaya Putri)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending