Polisi Sebut Dua Terduga Teroris Yang Tewas Ditembak Pernah Dibaiat ISIS - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Polisi Sebut Dua Terduga Teroris Yang Tewas Ditembak Pernah Dibaiat ISIS

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Dua orang terduga teroris di Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang dibekuk oleh Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri pernah melakukan baiat kepada organisasi teroris Islami State in Irak and Syriah (ISIS) pada tahun 2015 lalu.

“Dua orang terduga teroris dengan inisial RZ dan AJ sempat melakukan baiat kepada ISIS tahun 2015,” kata Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Irjen Merdisyam, Rabu (6/5/2021).

Bahkan keduanya merupakan jariangan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Sulsel. Di dalam organisasi JAD, kata Merdisyam keduanya sudah cukup senior dan telah lama bergabung.

Keduanya ditembak dan tewas ditempat oleh Tim Densus 88 karena melakukan perlawan kepada petugas saat dilakukan penangkapan di perumahan Villa Mutiara Cluster Biru Jalan Boulevard, Kecamatan Biringkanaya, sekitar pukul 6.00 Wita.

“Kedua pelaku ditembak karena mencoba melakukan perlawanan kepada petugas,” jelas Merdsyam.

Merdisyam menambahkan, kedua terduga teroris yang ditembak mati pada tahun 2016 bersama dengan keluarganya sempat akan terbang ke Suriah, namun dapat dibatalkan saat berada di Bandara Soekarno Hatta. Bukan hanya itu, keduanya juga menjadi donatur saat terjadi pengeboman Gereja Katedral di Filipina.

“Keduanya saat pengeboman gereja Katedral di Filipan tidak terlibat langsung, tapi menjadi pengirim dana untuk aksi pengeboman,” katanya.

(Irsal)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending