Polisi Sita Benda Mirip Bom Dan Senpi Dari Terduga Teroris - Makassar Today
Connect with us

Hukum & Kriminal

Polisi Sita Benda Mirip Bom dan Senpi dari Terduga Teroris

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Tim Densus 88 Mabes Polri mengungkap barang bukti hasil sitaan terduga teroris jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) di Kota Makassar, berupa senjata api (senpi) rakitan, senjata tajam (sajam), hingga benda mirip rakitan bom.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam membeberkan saat melakukan penyisiran dibeberapa tempat, selain membekuk terduga teroris juga menyita barang bukti.

“Tim berhasil menyita rangkaian bom, 6 pucuk senjata api rakitan jenis PCP, senjata tajam parang, badik, samurai, busur, buku bersifat provokatif radikal dan pakaian dari terduga teroris,” kata Merdisyam saat jumpa pers di Polda Sulsel, Kamis (7/1/2021).

Sebelumnya tim Densus 88 mengerebek rumah terduga teroris di perumahan Villa Mutiara Cluster Biru, Jalan Boulevard Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya Makassar.

Baca Juga : Belasan Orang di Makassar Juga Diamankan Terkait Aksi Teroris

Dalam penyergapan tersebut, polisi menembak mati dua orang yakni RZ dan AH (44) yang merupakan menantu dan mertua. Sementara ada 18 orang yang saat ini diamankan dan masih dalam proses pemeriksaan.

Terduga RZ disebut polisi merupakan pendukung ideologi khilafah. Pada 2015 lalu, mereka bersama ratusan jemaah menyatakan baiat kepada kelompok teroris ISIS di Pondok Pesantren Aridho pimpinan Basri.

Pada 2016, RZ bersama keluarganya juga disebut pernah hijrah atau bermaksud bergabung dengan ISIS di Suriah, namun dapat dibatalkan di Bandara Soekarno Hatta.

Kedua terduga teroris itu juga diduga mengadakan kajian khusus pendukung daulah di Villa Mutiara dan Yayasan Aridho. Selain itu, mereka tercatat pernah terlibat dalam pengiriman dana kepada pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral ZOLO Philipina.

(Irsal)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending