Rumah Mewah Jadi Gudang Penyimpanan Ribuan Kosmetik Ilegal - Makassar Today
Connect with us

Hukum & Kriminal

Rumah Mewah jadi Gudang Penyimpanan Ribuan Kosmetik Ilegal

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Polrestabes Makassar menangkap empat orang diduga pengedar kosmetik ilegal. Ratusan kosmetik ilegal hasil pengembangan penangkapan pelaku ditemukan di kompleks perumaahan elit Royal Sentraland, Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, Sulsel.

Kasus ini terungkap bermula dari pengakuan perempuan Ha, yang diamankan lebih awal oleh petugas di Jalan Urip Sumohardjo.

Atas keterangan Ha, polisi kembali mengamankan dua pelaku lainnya, yakni perempuan Ul dan lelaki Su di Jalan Maccini Raya. Keduanya diketahui sebagai pemilik ratusan kosmetik ilegal yang ditemukan di perumahan Royal Sentraland.

Dari rumah yang dijadikan gudang penyimpanan itu, polisi kembali mengamankan satu pelaku lainnya, yakni perempuan Ri.

Kepala satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar, Kompol Agus Khaerul mengatakan, penangkapan tersebut bermula dari laporan masyarakat kemudian diselidiki oleh tim.

“Ada pengungkapan peredaran kosmetik ilegal dan ini bermula dari adanya laporan masyarakat terkait adanya kosmetik yang beredar tanpa dilengkapi dengan izin edar dari BPOM,” kata Agus, Selasa (12/1/2021).

Dalam pengungkapan kasus tersebut, diketahui bahwa kosmetik ilegal yang diperjualbelikan tidak mengantongi izin dari BPOM. Pengakuan terduga pelaku, barang tersebut dikirim dari pulau Jawa kemudian dikembangkan oleh sala satu owner di Makassar.

“Ulfa dan Supardi ini adalah ownernya. Keduanya ditangkap di salah satu butik ternama di Jalan Maccini,” jelasnya.

Dihadapan petugas, Hadija mengakui jika kosmetik merek Maloloy ini diperoleh dari Rita, yang beralamat di perumahan elit Royal Sentraland BTP. Petugas pun langsung melakukan pengembangan.

“Petugas berhasil mendapati ratusan paket alat kecantikan ilegal itu dan kami dapati hingga ratusan paket kosmetik ilegal di rumah Rita, ” sebut mantan Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar ini.

Dalam pengungkapan ini lanjut Agus, petugas berhasil menyita barang bukti kosmetik Maloloy hingga ribuan paket. Kosmetik ilegal asal pulau Jawa itu, rencananya akan diedarkan di Makassar hingga luar Sulsel.

“Kini para pelaku dan ribuan paket kosmetik ini telah diamankan di Polrestabes Makassar untuk proses hukum lebih lanjut. Kami juga masih melakukan penyelidikan,” tutup Agus.

Atas Perbuatannya, tersangka terancam hukuman penjara 15 tahun sebagaimana Dalam pasal 196/197 Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan pasal 55/56 KUHP.

(Irsal)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending