BPOM Makassar: Vaksin Sinovac Tak Miliki Efek Samping Berat - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

BPOM Makassar: Vaksin Sinovac Tak Miliki Efek Samping Berat

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Program vaksinasi penanggulangan Covid-19 gelombang pertama akan dilaksanakan hari Kamis (14/1/2021), vaksin Sinovac saat ini sudah didistribusikan ke daerah-daerah, termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan.

Meski target utama pelaksanaan vaksinasi ini diperuntukkan tenaga kesehatan, namun untuk menepis keraguan masyarakat terhadap efektivitas vaksin produksi negeri tirai bambu itu.

Pihak Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Makassar juga memastikan vaksin tersebut tidak memiliki efek samping berat.

“Dipastikan aman dan tidak memiliki efek samping berat,” kata Kepala BPOM Makassar, Hardaningsih, Rabu (13/1/2021).

Meski demikian, kata Naning, sapaan akrabnya, pada saat vaksinasi berlangsung BPOM Makassar akan mengawasi langsung dan mengamati secara langsung. Karena vaksin dan penyakit ini terhitung baru jadi masih dibutuhkan penelitian secara bertahap.

“Kita akan mengawasi saat vaksinasi berlangsung,” sebutnya.

Dia mengatakan, saat dilakukan uji klinis di tiga negara yang berbeda ada gejala efek samping ringan yang muncul, semisal nyeri pada otot. Namun, menurutnya itu hal biasa terjadi dan akan sembuh setelah beberapa saat. Efek samping tersebut, kata dia, tidak berbahaya dan dapat pulih kembali.

“Jadi untuk memastikan efek sampingnya, jika proses vaksinasi sudah dilakukan maka pasien jangan langsung pergi. Tunggu beberapa saat dulu sampai betul-betul tidak ada gejala lain yang muncul. Jikapun ada maka pasien harus lapor ke pihak tenaga kesehatan,” jelasnya.

(Irsal)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending