Dinkes Gowa Ungkap Reaksi Tubuh 30 Menit Pasca Vaksin - Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Dinkes Gowa Ungkap Reaksi Tubuh 30 Menit Pasca Vaksin

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Gowa – Program vaksinasi serentak dilakukan di Sulawesi Selatan mulai 14 Januari 2020 (hari ini). Di Kabupaten Gowa, penyuntikan Vaksin Sinovac dilaunching langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Gowa, sekaligus selaku juru bicara Satuan Gugus Covid-19 Gowa, dr Gaffar mengatakan, ada reaksi dari tubuh setelah 30 menit Vaksin Sinovac ini disuntikkan ke tubuh. Yakni reaksi lokal, dan reaksi Syok Anafilaktik.

“Sekitar 30 menit pasca disuntik vaksin ini akan ada reaksi. Reaksi lokal dan reaksi Syok Anafilaktik. Dimana reaksi lokal bisa berupa ruam pada kulit, ada sensasi gatal, dan bengkak. Yang ditakutkan pada saat penyuntikan ini adalah reaksi Syok Anafilaktik. Tapi Alhamdulillah tidak ada,” tutur dr Gaffar, Kamis (14/1/2021).

Kendati, kata dr Gaffar, reaksi Syok Anafilaktik terjadi tidak hanya pada saat penyuntikan Vaksin Sinovac, tetapi hal tersebut bisa saja terjadi jika seseorang digigit semut atau disuntik dengan vaksin lainnya.

“Syok Anafilaktik memang biasa terjadi dalam penyuntikan, tapi reaksi itu bisa terjadi bukan hanya pada saat kita disuntik saja, saat digigit serangga pun bisa syok,” katanya.

Dr Gaffar juga menyampaikan jika mengalami reaksi lokal, masyarakat tidak perlu khawatir lantaran reaksi tersebut tidak berlangsung lama dan bukan hal yang serius.

Sementara jika seseorang mengalami reaksi Syok Anafilaktik setelah penyuntikan, maka ada penanganan khusus yang disiapkan tenaga medis.

“Kita punya penanganan, dan reaksi tersebut bukan hal yang serius,” ujarnya.

(Afrilian Cahaya Putri)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending