Dua Wilayah Di Makassar Dilanda Banjir, 125 KK Terpaksa Mengungsi - Makassar Today
Connect with us

NEWS

Dua Wilayah di Makassar Dilanda Banjir, 125 KK Terpaksa Mengungsi

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Intensitas hujan yang tinggi di Kota Makassar dalam beberapa hari terakhir membuat sebagian wilayahnya terdampak banjir. Seperti yang terjadi di Perumnas Antang, Kecamatan Manggala dan Tello Baru, kecamatan Panakkukang.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mencatat adanya sebanyak 125 Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi di Perumnas Antang. Sementara rumah yang terdampak didata ada sekitar 500 rumah.

“Di Manggala ini ada 125 KK jadi lebih sedikit dari yang bulan Desember 2020 kemarin. Jumlah rumah kurang lebih 500,” kata Kepala BPBD Makassar, Muhamamd Rusli usai memantau kondisi banjir bersama Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin, Rabu (20/1/2020).

Adapun para pengungsi ini untuk sementara dievakuasi tempat yang lebih aman seperti di Masjid dan rumah-rumah warga yang tidak terdampak.

Sementara untuk bantuan sendiri, Rusli mengatakan telah diberikan. Bantuan itu sendiri berupa kebutuhan pokok, selimut, sarung dan lain sebagainya sesuai dengan apa yang dibutuhkan para pengungsi.

“kita memang sudah menyiapkan sebatas itu,” tuturnya.

Banjir yang terjadi di Perumnas Antang adalah merupakan kali kedua dalam dua bulan terakhir. Pada bulan Desember 2020 lalu, air merendam wilayah itu dengan ketinggian kira-kira 1,5 meter.

Terpisah, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin yang ikut memantau banjir mengatakan Kecamatan Manggala adalah merupakan wilayah yang rawan banjir. Dengan begitu, ia menyebut pemerintah harus segera turun tangan memberikan solusi agar masalah itu terselesaikan.

“Kehadiran pemerintah diharapkan bisa hadir bagaimana mencarikan solusi untuk mengantisipasi banjir yang lebih besar kedepan. Kami ada dinas PU, Camat Manggala sudah memaparkan konsep yang sudah dirancang itu dan akan kami maksimal kan semoga bisa lahir suatu konsep dan solusi yang komprehensif untuk menangani banjir di Manggala,” ujar Rudy.

Dari data BMKG sendiri merilis prakiraan cuaca di wilayah Sulsel, besok Selasa (21/1/2021) masih akan turun hujan dengan intensitas ringan.

(Isak Pasa’buan)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending