Mahasiswa UIN Alauddin Terdampak Gempa Sulbar Dibebaskan Dari UKT - Makassar Today
Connect with us

NEWS

Mahasiswa UIN Alauddin Terdampak Gempa Sulbar Dibebaskan dari UKT

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Gowa – Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang terdampak gempa Sulawesi Barat akan dibebaskan sementara dari Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Hal ini merupakan kebijakan yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis, nomor 84 tahun 2021 tertanggal 19 Januari 2021.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama Dr Yuspiani saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dirinya menyampaikan, mahasiswa yang terdampak bencana gempa Sulbar harus melengkapi sejumlah dokumen.

“Benar, kami membebaskan sementara UKT bagi Mahasiswi dan mahasiswa kami yang terdampak bencana. Mereka harus menyertakan dokumen berupa foto copy Kartu Keluarga, foto copy KTP atau Kartu identitas orang tua/wali mahasiswa dan surat keterangan sebagai wali dari pemerintah desa atau RW dan Foto copy KTM yang masih berlaku,” terang Dr Yuspiani.

“Mereka juga menyertakan foto keadaan rumah tempat tinggal yang terdampak bencana alam,” imbuh Yuspiani.

Lanjutnya, untuk pembebasan UKT, sesuai mekanisme pengajuannya mahasiswa yang terdampak Gempa tersebut harus mengajukan persyaratan ke program studi masing-masing.

“Kebijakan ini hanya berlaku pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021. Masa pembayaran UKT untuk semester akan datang dijadwalkan berakhir pada tanggal 19 Februari 2021,” kata Yuspiani.

Dirinya mewakili pimpinan Universitas juga menyampaikan belasungkawa
yang sedalam-dalamnya atas musibah bencana alam di provinsi Sulawesi Barat.

Yuspiana mengatakan jika kebijakan ini sebagai respon cepat dan wujud keprihatinan pihak universitas kepada para mahasiswa dan mahasiswi yang terdampak gempa.

“Sebagai bentuk dari keprihatinan atas penderitaan masyarakat khususnya mahasiswa yang menjadi korban bencana alam tersebut, Pimpinan melakukan respon cepat dengan mengeluarkan SK tentang Pembebasan UKT Mahasiswa UIN Alauddin yang terdampak Bencana Alam di Sulbar,” kuncinya.

Afrilian Cahaya Putri

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending