Operasi SAR Bencana Gempa Bumi Di Posko Malunda Dihentikan - Makassar Today
Connect with us

Nasional

Operasi SAR Bencana Gempa Bumi di Posko Malunda Dihentikan

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Operasi SAR Bencana gempa bumi posko Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) menyatakan telah selesai melakukan pencarian dan pertolongan pada korban gempa dan akan dilanjutkan dengan pemantauan. Informasi itu dibagikan hari ini, Rabu (20/1/2021).

Penghentian pencarian pada korban itu didasari sejumlah hal antara lain, telah dilaksanakan pencarian pada lokasi yang diduga ada korban tertimbun material longsoran selama empat hari dengan menurunkan K-9 dan personil SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, TNI/Polri dan SAR lainnya.

Selain itu, pertimbangan lain adalah pada lokasi pencarian memiliki resiko sangat tinggi dikarenakan material longsoran seperti tanah dan bebatuan Sangat labil dan dapat memungkinkan terjadinya longsor susulan.

“Dikhawatirkan informasi adanya gempa dan longsor susulan dapat membahayakan tim SAR Gabungan pada saat pelaksanaan pencarian korban,” tulisnya dalam rilis yang dibagikan Ade, Juru Bicara (Jubir) Basarnas Makassar.

Kemudian, alasan terakhir yaitu telah dilaksanakan musyawarah dengan pihak keluarga yang disaksikan oleh aparat desa, pihak kepolisian dan babinsa setempat. Hasil musyawarah yakni keluarga korban dapat menerima kejadian ini dengan ikhlas sebagai suatu musibah yang menimpa mereka.

“Dari hasil pertimbangan diatas maka, bapak Saidar Rahman Jaya selaku Sar Mission Coordinator (SMC) menyatakan bahwa operasi pencarian dan pertolongan di Desa Mekkatta Kec. Malunda, Kab. Majene dinyatakan selesai dan dilanjutkan dengan pemantauan,” tambahnya. (rls)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending