Vaksinasi Nakes Gowa Masih Jauh Di Bawah Target - Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Vaksinasi Nakes Gowa Masih Jauh di Bawah Target

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Gowa – Partisipasi tenaga kesehatan (nakes) untuk tahap pertama Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gowa, terbilang masih cukup rendah. Data dari Satuan Gugus Covid-19 menyebut jumlah nakes yang menerima vaksin baru mencapai 7,72 persen atau setara dengan 221 orang nakes alias masih jauh di bawah target.

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Gowa, dr Gaffar mengatakan, alasan masih rendahnya jumlah partisipasi nakes tahap pertama lantaran beberapa Nakes diantaranya berstatus penyintas atau pernah terkonfirmasi Positif Covid-19.

“Untuk vaksinasi di Gowa kita masih di angka 7,75 persen atau setara dengan 221 Nakes. Hal ini dikarenakan ada yang berhalangan, ada yang beberapa penyintas dan harapannya bagi nakes yang ditunda agar segera menyesuaikan untuk bisa divaksin,” tutur dr Gaffar saat ditemui disela-sela pemantauan Vaksinasi di Puskesmas Pattalassang. Selasa, (26/1/2021).

Lanjut dr Gaffar, untuk meningkatkan target vaksinasi pihaknya menjadwalkan pemberian vaksin setiap hari bagi Nakes di setiap Puskesmas.

“Kalau saat ini sistem hampir semua tenaga kesehatan di Kabupaten Gowa tiap hari kita jadwalkan vaksinasi. Dan tim Dinas Kesehatan mendampingi untuk meyakinkan tenaga kesehatan melaksanakan vaksin sesuai SOP, sesuai dengan target dan sasaran yang ada,” kata dr Gaffar.

Pihaknya berharap, ke depan dalam pemberian vaksin pada satu komunitas dapat terlaksana minimal 70 persen, dengan begitu baru bisa dikatakan efektif fungsi vaksin itu.

“Harapannya, mereka yang tertunda, bahkan berhalangan divaksin agar segera menyesuaikan diri,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Pattalassang, Sri Hudaya berharap semua Nakes bisa di vaksin agar bisa melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan aman.

“Kami harapkan para nakes semuanya sehat dan bisa di vaksinasi semuanya supaya semuanya aman kita bisa melakukan pelayanan secara aman,” ujarnya.

Pada vaksinasi sebelumnya, ada 20 Nakes yang di screening, namun yang lolos ke tahap vaksinasi hanya 3-4 orang saja.

(Afrilian)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending