Elevasi Bili-bili Masih Di Bawah Normal, Warga Tetap Diminta Hindari DAS - Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Elevasi Bili-bili Masih di Bawah Normal, Warga Tetap Diminta Hindari DAS

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Gowa – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang kembali membuka pintu pelimpah air Bendungan Bili-bili dari 20cm menjadi 40cm pada Jumat (19/2/2020) kemarin.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang, Adenan Rasyid mengatakan, pembukaan pintu air Bili-bili ini sesuai dengan SOP dan untuk mempertahankan volume air normal. Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Jeneberang.

“Untuk itu kami mengimbau agar masyarakat sekitar tidak melakukan kegiatan seperti menyeberang sungai, menambang, menjala ikan di hilir bendungan Bili-bili dan kegiatan lainnya di muara sungai Jeneberang,” kata Adenan Rasyid. Sabtu (20/2/2021)

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Gowa, Kamsina mengatakan, pihaknya sejak awal telah sepakat dengan pihak Balai agar dilakukan koordinasi sebelum pintu air dibuka.

“Kita sepakat dengan kepala balai sebelum dilakukan pembukaan pintu air itu harus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Gowa dulu. Selain melakukan pembukaan pintu air balai juga harus terus berkoordinasi dalam rangka berapa tinggi pintu air tersebut yang akan dibuka apakah 50cm, 70 cm, 1 meter kah. Itu semua harus tetap berkoordinasi dengan Pemda,” kata Kamsina.

Kamsina juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bantaran untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar aliran sungai.

“Kami menghimbau sejak dari awal khususnya untuk yang di bantaran sungai dan juga saudara-saudara kita yang ada di dekat penyebrangan untuk tidak melakukan aktifitas disepanjang daerah aliran sungai jeneberang karena kalau dilakukan pembukaan pintu air maka tentu elevasinya juga akan meningkat,” katanya.

Olehnya Kamsina berharap masyarakat selalu waspada di cuaca ekstream seperti saat ini. Kendati elevasi Bendungan Bili-bili sampai saat ini normal. Bahkan elevasinya masih dibawah normal. Diketahui, elevasi normal itu 99.50 dan untuk elevasi saat ini masih dibawah normal.

“Cuma memang hujan itu selalu ada di hulu. Karena kita ini di hilir tidak terlalu deras hujannya meskipun sekarang hujan, tetapi untukdi hulu itu selalu lebat. Olehnya saya berharap kalau di hulu terjadi intensitas hujan yang lebat maka tentu akan dilakukan pembukaan pintu air. Kalau dilakukan pembukaan pintu, maka elevasi air semua sampai di hilirnya akan meningkat,” demikian Kamsina.

Hingga pada pukul 16.01 Wita hari ini, elevasi Waduk Bili-bili 98.48 mdpl, masih di bawah Normal.

(Afrilian Cahaya Putri)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending