Dianggap Melanggar Prokes, Belasan Selebgram Dikenai Sanksi Administrasi - Makassar Today
Connect with us

Hukum & Kriminal

Dianggap Melanggar Prokes, Belasan Selebgram Dikenai Sanksi Administrasi

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Gowa – Belasan Selebgram asal Makassar akhirnya memenuhi panggilan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Gowa, Senin (22/2/2021).

Pemanggilan ini berkaitan dengan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) yang dilakukan oleh 11 selebgram itu di Malino, Kecamatan Tinggimoncong, belum lama ini.

Kepala Satpol PP Gowa, Alimuddin Tiro mengatakan, pihaknya telah melayangkan sanksi administrasi berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2020 kepada sebelas selebgram tersebut.

“Kami telah lakukan pemeriksaan kepada sebelas Selebgram dan satu orang penyelenggara acara. Berdasarkan perda nomor 2 tahun 2020 kita lakukan sanksi administrasi karena dia adalah masyarakat umum, maka dendanya Rp100 ribu,” kata Alimuddin Tiro.

Hanya saja, pihaknya tidak melakukan sanksi Swab atau pun Rappid Antigen lantaran para selebgram tersebut terbukti negatif dari hasil Rappid Antigen yang mereka bawa.

“Kita tadinya akan lakukan swab, tapi setelah kita periksa, dari hasil pemeriksaan 11 orang ini semuanya negatif per tanggal kemarin. Mereka bawa hasil rapoid antigen masing-masing, karena masa berlakunya rappid antigen itu tiga hari,” ujar Kasatpol PP.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan (P2P) Dinkes Gowa, dr Gaffar sangat menyangkan tingkah para Selebgram tersebut di masa Pandemi Covid-19 ini.

Menurut dr Gaffar, tingkah para selebgram yang tidak bisa menjadi contoh penerapan protokol kesehatan yang baik ini membuat para tenaga medis jenuh.

“Apalagi saat ini para tenaga kesehatan ini jenuh dan kelelahan. Melihat fenomena itu akan berdampak pada psikologi petugas yang mengawal kita,” kata dr Gaffar.

Dihadapan Sebelas Selebgram ini dr Gaffar juga dengan tegas mengatakan untuk menghargai usaha Pemda dan Nakes menangani Covid-19 ini.

“Icon selebgram itu adalah orang cerdas, seharusnya lebih pintar memilah-milah hal yang akan diposting di media sosial. Dan kita minta selebgram ini membantu kami untuk menyampaikan ke masyarakat tentang pentingnya menaati protokol kesehatan,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu selebgram asal Makassar yang akrab disapa Adi Bassitoayya mengakui jika dirinya bersama selebgram yang lain telah melanggar protokol kesehatan pada Pesta Joget di Kawasan Malino.

“Pada dasarnya kami memang melanggar protokol kesehatan. Kami minta maaf,” katanya pasca menjalani pemeriksaan di Kantor Satpol PP Gowa.

Adi mengatakan jika perjalanan mereka ke Malino beberapa hari lalu adalah untuk keperluan pribadi, tanpa ada izin dari pemerintah setempat.

“Kita memang kesana untuk jalan-jalan pribadi. Tidak ada kegiatan, acara pun tidak ada. Viralnya video itu tanggapan saya ya sudah jelas secara fungsional kami memang melanggar protokol kesehatan karena berkumpul kan, itu saja,” demikian Adi Bassitoayya.

(Afrilian Cahaya Putri)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending