Program Makassar Recover Telan Anggaran Rp370 Miliar - Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Program Makassar Recover Telan Anggaran Rp370 Miliar

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Wali Kota Makassad Ramdhan (Danny) Pamanto baru saja meluncurkan program Makassar Recover, sebagai salah satu langkah strategis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Program Makassar Revover atau pemulihan berbagai sektor itu diperkirakan akan menelan anggaran Rp370 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari APBD Pokok 2021.

Hal itu disampaikan Danny, sapaan akrab Wali Kota Makassar itu, usai meluncurkan program tersebut di kediamannya, Jalan Amirullah, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Jumat (5/3/2021).

“Kita telah menawarkan cara baru selamatkan warga Kota Makassar di tengah pandemi dengan pemanfaatan teknologi yang terkoneksi secara baik. Tugas pemimpi sendiri adalah melindungi dan mejawab keluhan masyarakat. Anggaran program Rp370 miliar,” kata Danny saat dimintai tanggapan awal media.

Lebih lanjut, Danny memaparkan, sebagai pelacak virus warga Makassar akan diberi bardcode. Seluruh data diri nantinya dikirim melalui sebuah aplikasi, selain itu penyintas, OTG dan terpapar dapat terdata dengan baik.

“Semua data dikirim ke laboratorium yang berada ditiap kelurahan,” ucapnya.

Danny menyebutkan, dalam aplikasi terdapat pengukur berupa indeks prokes, sehingga masyarakat yang terpapar langsun bisa di identifikasi.

“Melalui sistem terlacak dan GPS akan dikontrol,” sebutnya.

Danny mengatakan, mereka yang taat protokol akan diberi penghargaan berupa BPJS gratis, dan sebagainya.

“Kalau keluar 50 meter dari rumahnya, maka akan menurun tingkat kepatuhannya. Kita ingin semua disiplin dan taat. Bagi mereka yang taat dengan status yang ada maka dapat insentif,” sebutnya.

Dalam kelancaran program Makassar Recovery Danny mempekerjakan 10 ribu tenaga detektor, 5 ribu tenaga medis, 306 Dokter serta sekitar 200 manajemen kelurahan dan kecamatan, yang nantinya tersebar diseluruh Makassar.

Guna memproteksi kesehatan orang-orang tersebut, maka Wali Kota dua priode tersebut, menggandeng BPJS Makassar.

“Jadi mereka akan bergerak secara serentak dalam program Makassar Recover. Mereka akan memeriksa seratus persen jumlah populasi penduduk secara periodik selama 14 hari,” kata Danny.

(Nurul)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending