Heboh Femomena Halo Matahari Di Sulbar, Ini Penjelasan BMKG - Makassar Today
Connect with us

Regional

Heboh Femomena Halo Matahari di Sulbar, Ini Penjelasan BMKG

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Mamuju – Warga Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Subar) dihebohkan dengan fenomena alam pada Sabtu (6/3/2021) pagi. Di langit Mamuju terlihat matahari dikelilingi lingkaran cahaya berukuran besar.

Video dan foto matahari dengan lingkaran cahaya besar itu diabadikan oleh warga yang kemudian diunggah ke media sosial (medsos) hingga menuai beragam komentar.

Lalu bagaiaman penjelasan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait fenomena tersebut?

Kepala Bagian Prakirawan Cuaca BMKG Makassar, Rizky Yudha yang dikonfirmasi MakassarToday.com menjelaskan, lingkaran cahaya besar mengelilingi matahari disebut sebagai fenomena halo matahari yang disebabkan oleh adanga refleksi dan pembiasan sinar matahari oleh awan cirrus yang sangat dingin di atmosfer.

“Awan cirrus yang berada pada ketinggian 6.000 meter dari permukaan bumi memiliki partikel yang sangat dingin dan bisa berwujud seperti kristal es. Awan cirrus ini membiaskan cahaya matahari sehingga membentuk pola cincin yang melingkari matahari,” jelasnya.

Lebih lanjut Rizky menjelaskan bahwa halo matahari merupakan fenomena biasa dan bukan pertanda akan terjadinya sesuatu seperti bencana alam.

“Fenomena halo ini merupakan fenomena yang biasa terjadi, bukan pertanda akan terjadi sesuatu,” kuncinya.

Sementara netizen dalam kolom komentar video dan foto fenomena halo matahari di medsos juga ada yang mengaitkan dengan hal-hal yang berbau mitos.

(Ril)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending