Disetujui Pusat, Proyek Inner Ring Road Makassar Dimulai Tahun Depan - Makassar Today
Connect with us

Sulsel

Disetujui Pusat, Proyek Inner Ring Road Makassar Dimulai Tahun Depan

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, proyek Inner Ring Road atau jalan lingkar di sekitar pusat kota telah mendapat persetujuan dari Menteri PUPR.

Hal itu disampaikan Danny, sapaan akrabnya saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan daerah (Musrenbang) Tahun 2022 di Hotel Claro, Senin (29/3/2021).

Danny menjelaskan, Inner Ring Road merupakan kelanjutan dari Tol Layang AP Pettarani yang nantinya menyambungkan rute Fly Over ke CPI-Pelabuhan Soekarno-Hatta hingga ke ujung dan berakhir ke Makassar New Port (MNP).

“Yang disetujui pak Menteri Inner Ring Road,” ujar Danny.

Adapun proses awal pengerjaan proyek ini, kata Danny, ditargetkan tahun 2022 mendatang.

Pemkot Makassar bersama Penprov Sulsel sendiri mendapat peran dalam proses pembebasan lahan dalam mega proyek tersebut.

“Tahun depan insyaAllah sudah dikerjakan. Kami siap untuk mengurus semua persiapannya termasuk pembebasan lahan kita akan bekerjasama dengan provinsi,” ungkapnya.

Meski demikian Danny belum menyebut b
proyeksi anggaran yang dibutuhkan untuk proses pembebasan lahan proyek tersebut.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman yang turut hadir dalam pembukaan Musrenbang Kota Makassar mengaku mendukung langkah dan rencana pembangunan di Kota Makassar.

“Kami tetap membangun team work dan mensupport penuh apa yang dilakukan pemerintah kota Makassar. Termasuk dalam hal apapun itu. Ini bentuk sinergitas kita antara provinsi dan Kota,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Komisi C bidang Pembangunan DPRD Kota Makassar, Abdi Asmara menyambut positif rencana proyek proyek Inner Ring Road tersebut. Namun begitu, Abdi menyarankan Pemkot Makassar lebih awal melakukan verifikasi terhadap lahan yang akan dibebaskan nantinya.

“Saya pikir kalau proyek ini sudah masuk dalam perencanaan tahun 2022, saya sarankan agar pemkot lebih awal melakukan verifikasi agar tidak menimbulkan persoalan di belakang hari,” kata Abdi Asmara.

Proses verifikasi lahan, kata Abdi, dilakukan untuk mengetahui legalitas alass hak lahan yang akan dibebaskan unthm proyek Inner Ring Road.

Abdi menyarankan Pemkot Makassar untuk menyampaikan usulan itu di APBD Perubahan tahun ini dan untuk amggaram pembebasan lahan dapat diajukaan pada APBD Pokok tahun 2022 yang dibahas akhir tahun ini.

“Intinya kita harap verifikasi itu lebih awal dilakukan. Bisa diajukan di perbuahan ini. Anggaran pembenasan lahannya di pokok bisa diusulkan,” pungkas legislator dua periode itu.

(*)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending