Connect with us
alterntif text

Inspiratif

Aron, Pria yang Memotong Tangannya Demi Bertahan Hidup

Published

on

By

alterntif text
Tak banyak yang mengenal namanya. Hanya saja pria ini terkenal atas kegigihannya. Aron Ralston, pria yang lahir pada 27 Oktober 1975 di Indianapolis, Indiana. Pria yang memotong tangannya agar bisa bertahan hidup.Pada 2003 lalu, pria 40 tahun ini mengalami kecelakaan sport canyoneering di Utah tepatnya pada April 2003. Ia terjebak di dalam tebing. Tangannya terjepit hampir 127 jam.

Dalam kondisinya yang kesakitan itu, Aron sama sekali tidak memiliki makanan dan air untuk menguatkan tubuhnya. Hanya ada kamera di tangan kirinya. Yang bisa ia lakukan hanyalah merekam kesakitannya sendiri.

Ia berusaha mengeluarkan tangannya dari batu besar yang menindihnya. Hanya saja, ia tidak bisa mengangkat batu dengan satu tangan, tak bertenaga pula.

Aron lalu memikirkan satu hal. Jika tangan tidak mampu ia keluarkan dari tebing, maka tubuhnya bisa ia selamatkan. Aron lalu mengambil salah satu alat yang dibawanya. Perlahan ia mulai mengiris tangannya. Ia terus berusaha, memotong tangan kanannya dengan menggunakan benda tumpul itu.

Ia berhasil, meski dengan kepiluan. Ia keluar dari tebing sebagai pria cacat satu tangan. Untuk mendapatkan posisi aman, Aron masih terus memanjat hampir 20 meter dengan hanya mengandalkan tangan kirinya.

Upaya penyelamatan yang dilakukan Aron inilah yang menjadi inspirasi film yang berjudul 127 Hours. Film yang disutradarai oleh Danny Boyle. Karakter Aron diperankan oleh aktor Amerika, James Franco. Aron terlibat langsung dalam penulisan film tersebut.

Selain itu, ia juga mendokumentasikan kejadian naas tersebut dalam buku autobiografinya yang bertajuk Between a Rock and a Hard Place.

Terlepas dari kisahnya, apa yang dilakukan Aron sekarang? Apakah ia mengurung diri di rumah dan menghentikan gaya hidup aktifnya? Tidak.

Setelah mengalami kecelakaan tersebut, Aron menggunakan tangan palsu untuk mendukung aktifitasnya. Ia tidak putus asa, apatahlagi trauma atas kejadian yang menimpanya.

Aron Ralston 2
Dua tahun setelah kejadian naas tersebut, dengan bantuan tangan palsunya, Aron memanjat gunung setinggi 14,000 kaki di Colorado. (Rina Atmasari)
alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.