Connect with us
alterntif text

Sulsel

Tanpa Andi Kumala, Adnan Dinaubat Jadi ‘Raja’

Published

on

By

alterntif text

GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan resmi dinaubat sebagai Sombayya (orang yang disembah) salah satu gelar di kalangan raja-raja Bugis-Makassar. Sombayya dulunya adalah pimpinan tertinggi di Kerajaan Gowa. Adnan dinaubat sekaligus dilantik sebagai Ketua Lembaga Adat Daerah (LAD) Gowa bersama para perangkat lainnya oleh Ketua DPRD Gowa, H Ansar Zaenal Bate di pelataran Museum Istana Balla Lompoa, Kamis (8/9/2016) pagi.

Dalam penaubatan ini, hadir Ketua Forum Telluboccoe, Ichsan Yasin Limpo yang tak lain adalah ayah kandung Sombayya dan juga mantan Bupati Gowa dua periode. Namun kehadirannya tak disertai dengan kehadiran dua anggota forum lainnya, yakni Datuk Luwu H Maradang Makkulau dan HA Baso Pashar Padjalangi yang juga Bupati Bone.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang merupakan paman dari Adnan juga tak hadir dan hanya mengutus seorang Asisten Pemkab Sulsel. Sementara Raja Gowa ke 37 versi Dewan Bate Salapang Pemkab Gowa, Andi Kumala A Idjo juga tak nampak di antara tamu undangan, padahal Andi Kumala adalah pemegang estafet secara sah sebagai Raja Gowa ke-37 yang dikukuhkan sejak tahun 2012.

Sementara Raja Gowa ke 37 versi Andi Maddusila pun tidak hadir. Menurut sejumlah pihak panitia pengukuhan yang dikonfirmasi menyebutkan jika Andi Maddusila memang tak ada diundang. Andi Kumala A Idjo maupun istrinya Andi Hikmawati Andi Kumala yang berupaya dikonfirmasi terkait ketidakhadirannya di acara pengukuhan, tidak ada nada sambung.

Usai pengukuhan Sombaya oleh Ketua DPRD Gowa, Sombayya pun melanjutkan mengukuhkan pengurus LAD untuk tingkat kecamatan yang diketuai masing-masing camat bersangkutan.

“LAD yang telah dibentuk dan diperdakan oleh Pemkab dan DPRD Gowa guna memberikan arah landasan dan kepastian hukum untuk mempertahankan adat dan budaya daerah Kabupaten Gowa,” tandasnya. (maman/ed)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.