Connect with us
alterntif text

Women

Fakta Dibalik Bayi Sungsang yang Harus Bumil Ketahui

Published

on

By

alterntif text

Selama ada di dalam kandungan, posisi bayi selalu berubah, akan tetapi posisi terbaik untuk bayi saat detik-detik akan lahir adalah kepalanya berada di bawah dan kakinya berada di atas. Sehingga ketika proses persalinan kepala bayi akan muncul terlebih dahulu. Meskipun angka menunjukkan sekitar 97% bayi berada dalam posisi yang normal, ada kalanya juga bayi berada dalam posisi yang terbalik atau yang populer dengan istilah sungsang.

Nah, dan dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai beberapa fakta dari posisi bayi sungsang yang harus Anda ketahui, terutama buat anda para bumil atau Ibu hamil.

1. Pengertian Posisi Sungsang

Diatas telah disinggung bahwa sekitar 97% bayi berada dalam posisi yang normal, nah 3% sisanya ini bayi berada dalam posisi yang sungsang. Posisi sungsang adalah kebalikan dari posisi normal. Jika posisi normal kepala bayi berada di dekat jalan lahir, maka pada posisi sungsang kepala bayi berada di atas dan malah kaki bayi yang berada di dekat jalan lahir.

2. Berbagai Penyebab Bayi Berada dalam Posisi Sungsang

Penyebab pasti posisi bayi sungsang ini tidak dapat dijelaskan oleh dokter, namun berdasarkan American Academy Association, disebutkan bahwa terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan bayi berada dalam kondisi sungsang, antara lain:
a. Plasenta previa
b. Telah hamil berkali-kali
c. Bentuk rahim yang tidak normal
d. Kehamilan kembar
e. Cairan ketuban yang terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak. Jika cairan ketuban terlalu sedikit, kecil kemungkinan untuk bayi bisa bergerak. Sedangkan jika cairan ketuban terlalu banyak, bisa menyebabkan bayi menjadi lebih sering bergerak
f. Pernah mengalamani melahirkan secara prematur

3. Cara untuk Mengetahui Posisi Bayi Sungsang ataukah Tidak

Setelah usia kehamilan mencapai 35 minggu atau 36 minggu bari bisa dipastikan mengenai posisi bayi, sungsang ataukah normal. Nah, untuk mengetahuinya bisa dengan melakukan check up kepada dokter. Dokter biasanya akan meraba bagian luar dari perut baru kemudian memberitahukan posisi bayi pada Anda, dan untuk memastikannya dokter mungkin akan melakukan USG.

4. Komplikasi yang Mungkin Terjadi Akibat Posisi Bayi yang Sungsang

Persalinan normal yang dilakukan saat posisi bayi sungsang lebih memiliki resiko terjadinya kemacetan saat proses persalinan. Bahkan bisa saja bayi menjadi terjepit di jalan lahir. Akibatnya bayi tidak dapat bernapas karena asupan oksigen yang berasal dari tali pusat terputus.

Karena pada masa kini teknologi dan pengetahuan semakin berkembang, Anda bisa memilih operasi caesar untuk persalinan setelah Anda mengetahui bahwa bayi berada dalam posisi yang sungsang, karena operasi caesar lebih aman bagi bayi dibandingkan dengan persalinan yang dilakukan secara norrmal. Sedangkan untuk ibu, baik persalinan yang normal maupun operasi caesar selalu memiliki resiko, dan resiko dari kedua cara tersebut sama besarnya.

Sebenarnya persalinan normal masih tetap bisa dilakukan meskipun posisi bayi sungsang, yakni dengan bantuan tenaga yang sudah ahli. Namun, banyak tenaga kesehatan yang lebih memilih operasi caesar karena jalan ini terhitung lebih aman.

5. Upaya untuk Memperbaiki Posisi Bayi yang Sungsang

Posisi bayi yang sungsang sebenarnya masih bisa diperbaiki, meskipun tingkat kesuksesannya tergantung pada penyebab bayi sungsang. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

a. Inversi

Ini adalah salah satu cara yang banyak dilakukan untuk memposisikan bayi supaya menjadi normal, yakni dengan memposisikan tubuh sang ibu menjadi terbalik seperti mengangkat pinggul dengan bantal, bersujud atau melakukan handstand di kolam renang.

b. Minyak Esensial

Ada juga wanita yang mengaplikasikan minyak essensial pada perutnya untuk membuat bayi berputar dengan sendirinya. Tetapi, jika Anda memilih menggunakan cara ini sebaiknya Anda konsultasikan lebih dulu pada dokter supaya lebih aman.

c. Versi Eksternal

Nah, kalau cara yang ketiga ini biasanya dilakukan di rumah sakit dengan bantuan dua tenaga ahli dan tingkat keberhasilannya adalah 50% menurut data ACOG.

d. Konsultasi dengan Dokter

Ini juga bisa menjadi alternatif yang Anda pilih, karena dokter pasti akan memberikan saran-saran yang terbaik supaya persalinan menjadi lebih aman.

Nah, itulah ulasan mengenai fakta dibalik bayi sungsang yang hendaknya Anda di ketahui oleh semua kaum hawa. Terutama yang saat ini sedang hamil. Semoga bermanfaat.

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.