Connect with us
alterntif text

Women

Ini Cara yang Benar Menjaga Kebersihan Organ Initim Saat Menstruasi

Published

on

By

alterntif text

Kesehatan organ intim kewanitaan hendaknya mendapat perhatian khusus atau perhatian lebih bagi para wanita. Organ tubuh tersebut merupakan organ yang sensitif sehingga dibutuhkan pengetahuan untuk menjaga organ ini dengan baik. Di dalam vagina terdapat setidaknya 14 jenis bakteri yang menguntungkan, namun jika tidak dijaga dengan baik ia akan bersifat patogen dan menyebabkan penyakit. Jika sudah timbul penyakit tentunya akan sangat mengganggu bahkan kadang bisa berpotensi menjadi penyakit yang serius.

Organ kewanitaan (vagina) yang sehat memiliki beberapa kriteria, di antaranya yaitu:

a. Ph nya berada dalam kisaran 3,8 sampai 4,5
b. Bakteri di dalamnya merupakan flora normal yang di dominasi oleh laktobasilus yang berfungsi menekan pertumbuhan mikroorganisme yang bersifat patogen.
c. Cairan yang keluar dari vagina tidak berbau, tidak menimbulkan gatal, jumlahnya tidak banyak dan biasanya muncul pada saat menjelang menstruasi atau di akhir periode menstruasi.

Nah, pada saat kondisi menstruasi biasanya ph nya akan sedikit meningkat dan sangat mungkin terjadi instabilitas flora vagina, jika kita tidak memperhatikan kondisinya dengan menjaganya agar tidak dalam kondisi lembap maka bisa terjadi masalah.

Salah satu masalah yang sering terjadi akibat kesalahan atau kecerobohan kita dalam menjaga organ kewanitaan pada saat menstruasi adalah timbulnya infeksi jamur atau infeksi bakteri. Gejala awal yang terjadi, yang bisa kita rasakan adalah terjadinya keputihan. Jika keputihan pada saat periode menstruasi tidak berwarna, tidak gatal, tidak berbau, dan tidak terlalu banyak maka itu adalah keputihan yang masuk dalam kategori tidak berbahaya. Namun, bila yang terjadi tidak demikian, maka anda perlu waspada karena sangat mungkin itu adalah gejala keputihan yang termasuk patogen dan harus segera diobati.

Jika anda tidak ingin terjadi masalah di atas, maka ada baiknya anda harus menjaga organ kewanitaan anda, terlebih pada saat menstruasi. Berikut ini akan kami ulas seputar tips menjaga kebersihan organ kewanitaan pada saat menstruasi.

Tips Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan Saat Menstruasi

1. Bersihkanlah secara teratur bagian bibir vagina setiap selesai buang air kecil, buang air besar, mandi atau pun saat mengganti pembalut dengan menggunakan air bersih agar bakteri atau pun bekas keringat yang menempel bisa hilang akibat siraman air tersebut.

2. Cara membasuh vagina dimulai dari arah depan (vagina) ke arah belakang (anus). Jangan sampai salah dan melakukannya secara terbalik karena dapat menyebabkan bakteri yang sebelumnya terdapat di anus terbawa masuk ke vagina depan.

3. Pada saat selesai membilas organ intim anda, jangan lupa untuk mengeringkannya terlebih dahulu dengan handuk atau tisu yang tidak berparfum sebelum anda memakai celana dalam (cd).

4. Ketika anda sudah mulai merasa lembap dan tidak nyaman dengan pembalut anda, maka segeralah menggantinya dengan yang baru. Terlebih lagi pada saat hari awal (hari pertama hingga ke tiga menstruasi) pastilah pada saat itu darah sedang dalam jumlah yang banyak dan anda pasti lebih cepat merasa risih di banding hari biasanya.

5. Frekuensi penggantian pembalut di awal menstruasi yang di anjurkan adalah setiap 1-2 jam sekali, jika sudah agak berkurang darahnya bisa dilanjutkan dengan 3-4 jam sekali. Penggantian ini di sesuaikan dengan banyaknya darah yang keluar pada saat menstruasi, seringnya buang air dan banyaknya aktivitas yang anda lakukan sehingga mempercepat kelembapan daerah organ kewanitaan anda.

6. Frekuensi penggantian pembalut yang terlalu lama dapat menimbulkan sarang bakteri pada organ kewanitaan anda, kemudian akan terasa gatal, dan jika anda sering menggaruknya nanti akan timbul infeksi.

7. Pilihlah pembalut yang cocok, terasa nyaman serta tidak menimbulkan iritasi di organ kewanitaan dan kulit sekitar organ kewanitaan anda.

8. Bahan celana dalam yag anda gunakan juga sangat mempengaruhi kenyamanan organ kewanitaan anda, oleh karena itu anda dapat memilih celana dalam yang tidak ketat dan berbahan dasar katun yang pada umumnya dapat menyerap keringat sehingga organ intim anda tidak akan mudah lembap.

9. Gantilah celana dalam anda setidaknya dua kali sehari terutama pada saat selesai melaksanakan aktivitas yang berat.

10. Hindari menggunakan pentyliner setiap hari kecuali pada saat hari menjelang berakhirnya menstruasi.

11. Hendaklah menghindari penggunaan jins ketat pada saat menstruasi agar organ intim anda merasa nyaman, tidak sesak dan tidak mudah lembap.

12. Minumlah air putih yang cukup. Meminum air putih yang cukup dapat membantu anda untuk menjaga kelembapan tubuh dan menjaga aliran darah agar tetap normal. Hal ini juga mempermudah vagina untuk membersihkan dirinya sendiri. Perlu diketahui bahwa bagian dalam vagina emiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Jadi anda tidak perlu melakukan douching (memasukkan obat-obatan tertentu untuk membersihkan vagina).

13. Makanlah makanan yang bergizi dan berserat agar tubuh anda tetap vit setiap hari.

Demikian beberapa tips menjaga kebersihan organ kewanitaan pada saat menstruasi. Selalu perhatikan kesehatan organ kewanitaan anda dengan menjaganya agar tidak muncul penyakit yang mengganggu kenyamanan anda. Semoga bermanfaat.

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.