Connect with us
alterntif text

Health

8 Obat Herbal yang Berkhasiat Menyembuhkan Sakit Pinggang

Published

on

By

alterntif text

Sakit pinggang sering dialami oleh orang dewasa, terutama bagi mereka para pekerja berat yang seringkali tak terasa memforsir tenaga/fisiknya. Selain para pekerja kasar, mereka yang berusia lanjut juga rawan terhadap keluhan ini. Karena seperti yang kita tahu, mereka yang berusia lanjut, tulangnya rawan keropos dan tidak sekuat mereka yang masih muda.

Beberapa Macam Penyebab Sakit Pinggang yang Sering Dialami

1. Sering memakai sepatu berhak tinggi

Bagi wanita yang sering memakan sepatu berhak tinggi dapat menyebabkan sakit pada pinggang. Karena saat memakai sepatu hak tinggi, ada dorongan tulang belakang yang membungkuk ke depan Jika kondisi ini terjadi terus menemur, makan dapat menyebakan sendi pada bagian tulang belakang di sekitar pinggang Anda mengalami gesekan serta sindrom sendi.

2. Penyakit pada ginjal

Adanya penyakit ginjal dapat menyebabkan sakit atau nyeri pada pinggang yang parah. Gagal ginjal bisa membuat sakit pinggang semakin parah juga karena ginjal berfungsi untuk menyaring cairan tubuh, maka jika ginjal tidak berfungsi, tubuh tidak memiliki cairan elektrolit yang seimbang.

Gejala sakit pinggang yang muncul akibat adanya penyakit pada ginjal yaitu nafsu makan menjadi berkurang, terjadi gangguan pada sistem pencernaan, tubuh terasa lemah, sakit pinggang yang parah, tidak bisa tidur, dan terjadi pembengkakan di bagian kaki dan tangan.

3. Otot yang tegang

Otot yang tegang biasanya terjadi pada bagian tendon yang teletak di bagian jaringan otot dan tulang. Biasanya, otot yang tegang disebabkan karena memaksakan untuk melakukan pekerjaan, tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga dan aktivitas lainnya yang dapat menyebabkan otot menjadi tegang atau kejang otot.

Biasanya, gejala sakit pinggang yang disebabkan karena otot tegang yaitu rasa sakit yang tiba-tiba atau mendadak yang terjadi dalam beberapa hari dan tidak sembuh-sembuh dan pinggang tidak leluasa bergerak.

Selain tiga faktor tersebut, yang dapat menyebabkan sakit pinggang lainnya yaitu karena mengemudi kendaraan yang terlalu lama, terlalu sering mengangkat beban yang berat, kebiasaan merokok, kondisi sedang hamil, infeksi pada saluran kencing, dan lainnya.

Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami Menggunakan Obat Herbal

1. Ramuan daun sirsak

Ambil daun sirsak sebanyak 20 lembar kemudian dicuci sampai bersih. Kemudian, tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Konsumsilah air daun sirsak yang sudah direbus sebanyak ¾ gelas setiap hari untuk mengobati sakit pinggang Anda.

2. Ramuan dari tanaman kumis kucing

Rebus akar dan daun tanaman kumis kucing yang sebelumnya telah dicuci bersih. Rebuslah sampai air rebusannya menjadi setengahnya. Diamkan selama semalaman kemudian minum keesokan harinya.

3. Ramuan asam jawa

Siapkan asam jawa dan 4-8 rimpang umbi halia. Rimpang umbi halia adalah tanaman yang masih dalam keluarga jahe dan temulawak. Cuci bersih umbi halia kemudian dihaluskan dengan cara diparut. Setelah itu, masukkan asam jawa secukupnya, aduk sampai merata dan oleskan pada bagian tubuh atau pinggan yang sakit.

4. Ramuan jahe

Siapkan jahe yang telah dicuci bersih dan diiris tipis, alkohol 75% dan cabe rawit yang telah dibersihkan dari tangkainya. Campurkan semua bahan tersebut dan fermentasikan selama dua minggu. Setelah dua minggu, gunakan ramuan atau larutan tersebut untuk mengoles bagian pinggang yang terasa sakit atau nyeri.

5. Ramuan bawang merah

Siapkan akar bawang merah, jahe merah dan buah sun boi an angco atau kurma cina, kemudian tambahkan air secukupnya dan rebus sampai air mendidih dan menjadi setengahnya. Setelah itu, minum air ramuan tersebut selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

6. Ramuan jagung

Ambil rambut jagung kemudian cuci sampai bersih, siapkan jahe merah, adas dan buah takokak. Buah takokak biasa disebut terung pipit karena buah ini masih tergolong ke dalam terung-terungan. Tambahkan air satu liter kemudian rebus sampai mendidih hingga air menjadi setengahnya. Minumlah ramuan ini selagi masih hangat supaya sakit pinggang yang Anda rasakan segera menghilang.

7. Obat oles dari bawang putih

Cara pembuatannya hampir sama dengan membuat ramuan obat oles yang terbuat dari bawang merah, caranya yaitu siapkan bawang putih, bubuk cabai, jahe merah dan larutan alkohol 75%. Campurkan semua bahan dan rendam selama 2 minggu. Setelah 2 minggu, ramuan ini bisa Anda gunakan sebagai obat oles untuk pinggang Anda yang terasa nyeri atau sakit.

8. Ramuan daun dewa

Ambil beberapa lembar daun dewa yang sudah dicuci bersih, jahe merah, akar sawi langit dan temu hitam. Tambahkan air dan rebus semua bahan sampai mendidih hingga airnya tersisa setengah dari air sebelumnya. Minumlah ramuan ini selagi masih hangat dan minum secara teratur setiap hari supaya sakit pinggang yang Anda rasakan berkurang.

Itulah 8 ramuan herbal yang dapat Anda buat sendiri di rumah untuk meredakan sakit pinggang. Selain ramuan herbal di atas, cara lain untuk meredakan sakit pinggang yaitu cobalah untuk membiasakan posisi duduk yang benar dan tidur dengan posisi miring agar pinggang tidak semakin sakit.

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.