Connect with us
alterntif text

Health

11 Macam Obat Herbal yang Terbukti Ampuh Mengobati Sakit Gigi dengan Cepat

Published

on

By

alterntif text

Siapa yang bisa menyangkali bahwa sakit gigi merupakan suatu kondisi yang sangat menyiksa serta menyebalkan. Rasa sakit yang luar biasa dan tiba-tiba, apalagi jika sampai berhari-hari, merupakan suatu hal yang bisa dibilang mengerikan, dan tentu juga berdampak pada aktifitas sehari-hari.

Dikarenakan syaraf-syaraf pada gigi terhubung langsung dengan syaraf di kepala, itulah kenapa sakit gigi yang kita rasakan berdenyut seirama dengan denyut jantung. Kadang pula, sakit gigi dapat menjalar hingga menyebabkan pusing tak tertahankan di kepala.

Obat Herbal untuk Mengobati Sakit Gigi dengan Alami

Ada banyak alternatif obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Selain obat pereda nyeri yang tersedia di apotik, atau dari dokter, ternyata kita juga dapat menggunakan ramuan herbal untuk menyembuhkan sakit gigi ini. Yang mana tentunya, ramuan herbal ini jauh lebih aman daripada obat pereda nyeri. Nah, berikut ini beberapa ramuan yang dapat Anda coba:

1. Garam

Bahan ini pasti dapat Anda temukan di dapur. Garam sudah lama dikenal memiliki efek antiseptik, yaitu mampu membunuh kuman-kuman termasuk di area mulut. Kandungan yodium dalam garam juga manjur menjadi pereda nyeri saat sakit gigi. Anda cukup mencampurkan sedikit garam ke air panas, kemudian berkumurlah dengan larutan garam tersebut.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Jeruk nipis dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang. Anda cukup meneteskan air perasan jeruk nipis pada bagian gigi yang berlubang. Mungkin sesaat setelah anda meneteskan air jeruk nipis akan memang terasa nyeri yang lebih hebat. Namun rasa sakit itu akan lebih cepat hilang dan sembuh.

3. Minyak Cengkeh

Rempah-rempah satu ini ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Cengkeh memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat berfungsi mengurangi pembengkakan pada gusi. Kandungan zat dalam cengkeh juga berfungsi sebagai anestesi yang dapat mengurangi rasa sakit. Untuk mengobati sakit gigi, Anda dapat meneteskan minyak cengkeh pada satu gelas air dan kemudian berkumurlah dengan larutan tersebut. Selain cara itu, Anda juga dapat meneteskan minyak cengkeh ke kapas dan menempelkannya di gigi yag berlubang.

4. Lada

Rempah-rempah lain yang berfungsi untuk mengobati sakit gigi adalah lada atau merica. Anda dapat membuat ramuan berbahan dasar lada untuk menyembuhkan sakit gigi. Caranya Anda cukup mencampurkan lada halus dengan garam, kemudian tambahkan satu sendok air hingga menyerupai pasta. Setelah itu, oleskan pasta lada tadi ke gigi Anda yang berlubang. Diamkan beberapa menit dan berkumurlah dengan air bersih.

5. Daun Jambu Biji

Selain berkhasiat untuk mengatasi diare, ternyata daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Cara menggunakan daun jambu biji sebagai obat sakit gigi cukup mudah. Anda cuma perlu mengambil beberapa lembar daun jambu biji, bersihkan, kemudian kunyah hinga halus. Selain cara itu, Anda juga bisa menumbuk daun jambu biji dan kemudian segera mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit.

6. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibiotik yang dapat membunuh kuman pada area mulut. Anda cukup mengambil satu siung bawang putih kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan garam. Kemudian oleskan pasta bawang putih ini ke bagian gigi Anda yang berlubang.

7. Bawang Merah

Tidak hanya bawang putih yang berkhasiat mengobati sakit gigi, namun bawang merah ternyata juga memiiliki kelebihan yang sama. Bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang efektif membunuh kuman pada gigi. Anda cukup mengunyah 1 siung bawang merah untuk mengobati sakit gigi. Jika anda tidak suka cara tersebut, Anda dapat mengoleskan irisan bawang merah ke gigi berlubang.

8. Daun Sirih

Kandungan antiseptik dalam daun sirih dapat membantu membunuh kuman penyebab sakit gigi. Buatlah ramuan dari daun sirih dan cengkeh yang direbus dengan air secukupnya. Gunakanlah ramuan tersebut untuk berkumur secara teratur hingga sakit gigi Anda sembuh.

9. Getah Pepaya

Getah pepaya dapat Anda gunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya adalah dengan mengambil getah dari buah pepaya yang masih muda dengan bantuan kapas atau cottonbud. Tempekan getah pepaya ini ke bagian gigi Anda yang sakit. Setelah itu, berkumurlah dengan air bersih.

10. Getah Jarak

Selain getah pepaya, ternyata tanaman jarak juga mampu mengobati sakit gigi. Untuk memperoleh getah jarak anda harus mematahkan batang dan daun jarak, kemudian ambil getah yang keluar dari bagian tersebut dengan kapas atau cottonbud. Segera tempelkan getah ke gigi yang sakit. Hindarkan getah jarak ini dari bagian mulut selain gigi. Karena akan mengakibatkan rasa gatal yang luar biasa.

11. Serai

Bumbu penyedam masakan ini ternyata juga memiliki khasiat sebagai obat sakit gigi. Untuk membuat ramuannya Anda dapat menggunakan 40 gram serai dan rebus dengan 2 gelas air putih hingga mendidih. Biarkan hingga air menyusut tinggal 1 gelas saja. Gunakan air rebusan ini untuk berkumur selagi masih hangat.

Nah, diatas adalah 11 tanaman herbal yang dapat membantu Anda menyembuhkan sakit gigi secara alami. Semoga setelah mengobati sakit gigi dengan bahan di atas, Anda dapat segera sembuh. (Yul)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.