Connect with us
alterntif text

Health

Konsumsi Obat Herbal Ini Untuk Menyembuhkan Penyakit Vertigo dengan Cepat

Published

on

By

alterntif text

Vertigo yang terjadi secara terus menerus biasanya akan menyebabkan penderitanya mengalami sakit kepala yang hebat, mual, muntah dan bahkan dapat kehilangan kesadaran. Dan kebanyakan penderita vertigo seringkali mengalami sensasi putaran atau goncangan, yang seolah-olah terdapat banyak benda atau objek di sekililingnya berputar-putar.

Penyebab vertigo

Penyebab umum penyakit vertigo yaitu sebagai berikut:
– Sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah yang sudah tidak tertahankan.
– Pernah mengalami trauma atau luka di bagian kepala dan leher.
-Sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu sehingga dapat menyebabkan kerusakan telinga.
– Ada gangguan yang menyerang telinga di bagian dalam.
– Adanya gangguan pada otak seperti tumor
– Gaya hidup yang tidak sehat.
– Adanya gangguan infeksi pada telinga seperti penyakit sinusitis.

Gejala Vertigo

Penyakit vertigo dibagi menjadi 4 yaitu jenis vertigo sentral, peripheral, vestibuler dan vertigo non vestibuler. Untuk gejala yang muncul atau yang dirasakan oleh penderita vertigo berbeda-beda tergantung dengan jenis vertigonya.

1. Gejala vertigo sentral

Vertigo sentral terjadi di bagian otak sentral. Banyak para penderita vertigo sentral yang tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit ini, karena gejala vertigo sentral terjadi secara bertahap. Gejalanya yaitu:
– Mengalami kesulitan saat menelan makanan
– Terasa mual dan muntah
– Tubuh menjadi lemas dan mengalami gangguan kesadaran
– Merasakan sakit kepala yang parah dan penglihatan menjadi berbayang atau berganda.
– Terjadi kelumpuhan pada otot-otot wajah Anda.

2. Gejala vertigo peripheral

Vertigo jeni peripheral biasanya terjadi karena adanya suatu gangguan pada sistem pendengaran. Gejala yang dialami yaitu:
– Tubuh terasa lelah dan kehilangan stamina
– Merasa sulit untuk berkonsentrasi
– Menjadi sensitif dengan cahaya dan suara-suara yang bising
– Pandangan menjadi gelap dan kehilangan keseimbangan tubuh

3. Gejala vertigo vestibuler

Untuk penderita vertigo vestibuler hampir tidak ada gejala yang dialami. Hanya saja penderita vertigo jenis ini akan merasakan seperti sedang naik kapal laut, yaitu melihat benda atau objek di sekitar menjadi naik turun.

4. Gejala vertigo non vestibuler

Banyak para penderita penyakit vertigo non vestibuler sulit menjelaskan gejala yang mereka alami. Vertigo jenis ini disebabkan karena adanya gangguan pada system relulator keseimbangan. Gejala yang biasa dikeluhkan oleh penderita hampir sama dengan jenis vertigo lainnya yaitu kehilangan keseimbangan tubuh, pusing atau sakit kepala, pandangan menjadi gelap serta kepala yang serasa kosong.

Cara mengobati vertigo dengan obat herbal
Untuk menyembuhkan vertigo dapat dilakukan dengan cara menerapkan gaya hidup yang sehat, yaitu dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau lebih setiap hari, olahraga, tidak begadang, menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Selain itu juga, ada beberapa ramuan atau obat-obatan herbal yang dapat menyembuhkan vertigo. Berikut ini adalah beberapa ramuan herbal untuk menyembuhkan penyakit vertigo.
1. Ramuan jahe dan teh
Jahe terkenal sangat ampuh untuk mengatasi sakit kepala, mual dan gejala vertigo lainnya. Cara membuat ramuan jahe dan teh untuk mengobati penyakit vertigo yaitu buatlah teh panas dengan ditambah sedikit gula dan tambahkan beberapa potong jahe yang sebelumnya sudah dicuci bersih.
2. Ketumbar dan madu
Rendam biji ketumbar terlebih dahulu selama 24 jam. Setelah itu, ambil airnya dan hangatkan dengan cara merebusnya sampai mendidih. Tambahkan madu ke dalam air ketumbar dan minum selagi masih hangat. Agar lebih segar dan ampuh untuk mengobati vertigo, tambahkan perasan lemon ke dalam ramuan tersebut.

3. Lemon

Untuk para penderita vertigo, jus lemon sangat membantu untuk mengatasi vertigo serta mengurangi gejala vertigo yang sedang dirasakan seperti mual, muntah, pusing dan sakit kepala. Minumlah jus lemon secara rutin untuk menyembuhkan penyakit vertigo Anda.

4. Buah strawberry dan yogurt

Strawberry dan yogurt sangat baik dikonsumsi untuk penderita vertigo. Anda dapat mengkonsumsi strawberry dan yogurt selama 2x dalam seminggu. Caranya Anda dapat membuat jus strawberry yang dicampur dengan yogurt atau sesuai dengan selera Anda dalam mengolahnya untuk dikonsumsi.

5. Almond dan susu

Kacang almond dan susu dapat dijadikan sebagai obat vertigo. Cara mengobati penyakit vertigo dengan menggunakan kacang almond dan susu yaitu dengan cara menggiling atau menghaluskan kacang almond yang sudah matang, kemudian buatlah segelas susu hangat dan campurkan kacang almond yang sudah dihaluskan tadi. Minumlah selagi masih hangat.

6. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menyembuhkan penyakit vertigo yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi setiap hari. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi baik untuk penderita penyakit vertigo yaitu makanan yang mengandung vitamin D, vitamin C dan makanan yang mengandung sumber vitamin B6 seperti bayam, brokoli, buah pisang, daging ayam tanpa kulit, ikan salmon, ikan tuna, buah alpukat dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi serta menyembuhkan penyakit vertigo secara herbal. Jadi, jika sewaktu-waktu serangan vertigo muncul, Anda dapat mencoba beberapa cara mengatasi vertigo seperti yang telah dijelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.