Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Kasus Ipal Makassar Mandek, Puluhan Aktivis Antikorupsi Datangi Kejari

Published

on

By

alterntif text

Makassartoday.com, Makasaar – Puluhan aktivis antikorupsi yang tergabung, dalam lembaga Celebes Law And Transperency (CLAT) menggelar aksi unjuk rasa di halaman kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, Jalan Amanagappa Makassar, Kamis (16/5/2019).

Mereka datang untuk mempertanyakan keseriusan Kejari Makassar dalam menangani kasus dugaan korupsi proyek Instalasi Pengelolaan Air Limbah (Ipal) Kota Makassar.

Koordinator Lapangan aksi, Irvan Sabang dalam orasinya mengatakan, Kejari Makassar yang dimana dalam menangani kasus dugaan korupsi proyek pematangan lahan dan pemagaran lokasi Ipal, terkesan jalan ditempat yang berakibat akan kaburnya kasus korupsi tersebut.

Apalagi kata Irvan, proyek pematangan lahan dan pemagaran tersebut, telah menghabiskan anggaran APBD Kota Makassar tahun 2016-2017 sebesar Rp8 miliar. Dari belasan miliar total anggaran itu, dikucurkan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar.

Dimana Lahan tersebut rencananya dipersiapkan dan akan diperuntukkan, sebagai lokasi proyek pembangunan IPAL. Namun faktanya rencana persiapan lahan IPAL tersebut tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan Pemkot Makassar.

“Bahkan mulai dari persoalan sengketa lahan hingga tak tuntasnya pengerjaan pematangan lahan dan pemagaran di lokasi tersebut, ” kata Irvan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, proyek terlihat tumpukan dan timbunan material jenis Sirtu (Pasir Batu) yang tak digunakan. Serta sisa bongkaran pagar beton. Berdasarkan hasil perhitungan ahli teknik, ditemukan indikasi kerugian negara sebesar Rp5 miliar lebih.

“Kamipun dari penggiat anti korupsi Celebes Law And Transparency menduga kuat bahwa Kejaksaan Negeri Makassar sengaja memperlambat proses penanganan kasus dugaan tindak pidana korupsi proyek tersebut,” sebutnya.

Dengan adanya dugaan tersebut, pihaknya mendesak Kejari Makassar untuk segera mengusut tuntas Kasus dugaan Korupsi Proyek Pematangan dan Pemagaran Lahan IPAL Kota Makassar.

Kemudian meminta Kejari Makassar untuk tetap profesional dan tidak mudah di intervensi oleh pihak manapun dalam penanganan kasus korupsi.

“Kami juga mendesak Kejari Makassar untuk segera menetapkan tersangka pihak-pihak yang terlibat dalam dugaan korupsi proyek pematangan dan pemagaran lahan IPAL Kota Makassar itu, ” tegasnya saat menyampaikan orasinya.

Sementara Kasipidsus Kejari Makassar, Andi Mujahida saat menemui pengunjukrasa mengaku berterimakasih kepada mahasiswa atas dukungannya dalam penanganan kasus itu.

Terima kasih atas dukungan dan supportnya dalam penanganan kasus itu. Kami tentu akan serius menangananinya,” ucap mantan Kasipidsus Kejari Gowa ini. (ra)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.