Connect with us
alterntif text

Sulsel

Kasus Positif Covid-19 di Makassar Capai Seribu, Kadinkes: Tidak Apa-apa

Published

on

By

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Angka kasus positif Covid-19 di Kota Makassar kini mencapai angka seribu lebih. Dari data update Covid-19 Makassar per hari ini Rabu 17 Juni 2020 tercatat sudah ada 1.113 orang positif Covid-19. 499 dirawat di rumah sakit dan 614 lainnya melakukan isolasi mandiri.

Sementar angka sembuh dari positif Covid-19 saat ini tercatat ada 627 orang dan yang meninggal dunia dengan status positif Covid-19 ada 109 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin saat diwawancara mengatakan penambahan kasus Covid-19 di Makassar tidak terlepas dari usaha Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang terus gencar melakukan tes rapid pada masyarakat yang dianggap rentan. Pelacakan itu dilakukan agar sumber peyebaran virus Covid-19 bisa ditemukan dan dilakukan penindakan isolasi.

“Testing yang masif ini tentu banyak kasus ditemukan, tapi saya pikir tidak apa-apa sehingga bisa kita lakukan intervensi melakukan pemutusan mata rantai tidak ada lagi penularan kepada orang lain yang baru karena diisolasi dengan bagus. Ini kita harapkan pelan- pelan akan menurun,” ungkap Naisyah saat diwawancara, Rabu (17/6/2020).

Kasus penularan itu sendiri, kata dia, kebanyakan terjadi dari rumah ke rumah. Selain itu, anak mudah yang memiliki daya tahan tubuh bagus atau imun tubuh tinggi juga disebut rawan menjadi carrier peyebar virus Covid-19.

“Seperti itu anak mudah yang tidak kelihatan sakit karena daya tahan tubunya bagus, tapi kalau dia pulang ke rumah dia tulari orang tuanya, dia tulari keluarganya yang punya penyakit pengorbit. Karena kasus-kasus yang saya liat banyak saat ini ada pada orang tua,” jelasnya.

Maka dari itu, Naisyah kembali mengingatkan pada masyarakat agar tetap disiplin, mengikuti anjuran pemerintah serta menerapkan protokol kesehatan disetiap aktivitasnya, khususnya di luar rumah.

Adapun data kasus di kota Makassar hari ini yaitu:

Positif Covid-19: 1113 (RS = 499/ Isolasi mandiri = 614)
Sembuh= 627
Meninggal= 109
Jumlah kasus = 1849

PDP di Rawat = 280
Pulang dan Sehat = 607
Meninggal = 103
Total kasus = 990

ODP Proses Pemantauan = 172
Selesai Pemantauan = 1647
Total kasus = 1819

(Isak Pasabuan)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.