Connect with us
alterntif text

Sulsel

Dua dari 103 Warga Rappocini Yang Jalani Tes Swab Massal Positif Covid-19

Published

on

By

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar telah merilis hasil tes Swab massal warga di Kecamatan Rappocini sehari sesudah pengambilan sampel, Jumat (12/9/2020) kemarin. Dimana ada sebanyak 103 warga yang ikut terlibat di hari pertama itu.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan dari 103 warga yang diperiksa. 15 orang diantaranya diperiksa di mobil PCR, sementara sisanya diperiksa Swab biasa. Dalam pemeriksaan Tes Swab itu, dua unit mobil PCR milik Pemrov Sulsel dikerahkan.

Naisyah pun menjelaskan, Tes Swab biasa dan mobil PCR akan berbeda. Hasil tes dari mobil PCR akan langsung diketahui. Sedangkan, Tes Swab umum baru diketahui esok lusa. 

“15 orang diperiksa di mobil PCR,  hasilnya sudah bisa diketahui. Sedangkan sampel 88 orang sisanya akan dikirim ke laboratorium Unhas terlebih dahulu, mungkin lusa adami,” ucap Naisyah. Sabtu (12/9/2020).

Adapun hasilnya, Dari 15 orang yang tes di mobil PCR dua di antaranya dinyatakan Positif Covid-19 tanpa gejala akan tetapi memiliki penyakit bawaan. Sementara 88 orang yang di Tes Swab biasa masih harus menunggu hasil dari laboratorium. 

“Dua positif. Keduanya berusia di atas 60 tahun Mereka juga tidak memiliki gejala sama sekali,” kata Naisyah saat dihubungi, Sabtu (12/9/2020).

Lebih jauh, Naisyah menyebut mereka yang positif akan diarahkan untuk isolasi ke rumah sakit. Lalu selanjutnya akan dilakukan tracing di lingkungan tempat tinggal pasien yang dinyatakan positif tersebut.

“Kami lanjutkan tracing ke rumahnya, keluarganya, termasuk sekitar rumahnya. Mereka (yang positif) juga kami arahkan untuk diberi penanganan lebih lanjut di rumah sakit,” ujar Naisyah. 

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar saat ini tengah memasifkan gerakan Tes Swab di enam kecamatan yang disebut zona merah atau episentrum Covid 19 di Makassar. Di antaranya, Rappocini, Biringkanaya, Panakkukang, Tamalate, Manggala, dan Tamalanrea.

Berikut Jadwalnya:

– Jumat (11/9/2020) di Kecamatan Rappocini.
– Sabtu (12/9/2020) di Kecamatan Biringkanaya.
– Senin (14/9/2020) di Kecamatan Panakukang,
– Selasa (15/9/2020) di Kecamatan Tamalate.
– Rabu (16/9/2020) di Kecamatan Manggala,
– Kamis (17/9/2020) di kecamatan Tamalanrea.

(Isak Pasa’buan)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.