Connect with us
alterntif text

Sulsel

Balita Pengidap Kelainan Jantung Bocor Berobat ke Jakarta

Published

on

By

alterntif text

Makassartoday.com, Gowa – Arsyil Zhianul Afkar, balita berusia Empat tahun ini menderita kelainan jantung bocor sejak berumur 1 bulan. Gejala yang dialami Arsyil semakin nampak mulai beberapa bulan lalu. Hal ini semakin parah jika pasien beraktivitas atau bermain terlalu berat.

Gejala kelainan yang diderita anak dari pasangan Hasbullah dan Asmiyanti ini diantaranya mengalami keringat berlebihan diikuti alur nafas yang sesak.

Berdasarkan sejumlah referensi, jantung bocor merupakan istilah yang dipakai ketika seseorang mengalami kelainan katup jantung atau adanya sekat pada jantung. Pada orang dewasa, kondisi ini terjadi karena salah satu katup tidak bisa menutup dengan baik.

Sang ayah Hasbullah menceritakan, setelah gejala kelainan tersebut terdeteksi, Arsyil kemudian dirawat dan rutin melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa dan Rumah Sakit dr Wahidin Sudirohusodo Kota Makassar.

“Dalam beraktivitas atau bermain tidak boleh terlalu capek, karena akan mengakibatkan reaksi sesak tersebut. Kami di fasilitasi berobat di RSUD Syekh Yusuf, anak kami pun ditangani sejak bulan April lalu oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gowa,” kata Hasbullah. Minggu (29/11/2020).

Sementara itu, Kasi Kesejahteraan Sosial Anak Dinsos Gowa, Hatta Adam Fattah dikonfirmasi membenarkan jika Balita asal Kelurahan Parigi, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa ini beberapa bulan terakhir mendapat perawatan di RSUD Syekh Yusuf dan RS dr Wahidin Sudirohusodo.

“Arsyil menderita kelainan jantung bocor sudah lama, kami sudah tangani kasus ini sejak April lalu, sudah masuk laporannya dan kita sudah fasilitasi untuk pengurusan saat berobat mulai dari Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf sampai Rumah Sakit Wahidin,” kata Hatta.

Kendati demikian, kasus yang dialami Arsyil tidak bisa ditangani rumah sakit di Sulawesi Selatan. Sehingga, kata Hatta, pihaknya memberangkatkan Arsyil bersama kedua orangtuanya menjalani pengobatan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Selain itu, Hatta memastikan seluruh biaya pengobatan Arsyil selama di Jakarta ditanggung BPJS Kesehatan.

“Ini satu-satunya jalan Arsyil bisa menjalani pengobatan sebaik mungkin. Kami bawa ke sana karena menurut dokter tidak bisa dikerja di Rumah Sakit Sulsel. Kami sudah fasilitasi dokumen-dokumennnya untuk berangkat terus laporan sosialnya untuk dibantu sama teman-teman di rumah singgah di Jakarta,” jelas Hatta.

Arsyil bersama keluarganya pun telah berangkat ke Jakarta pada Sabtu (28/11) kemarin. Selama menjalani pengobatan di Jakarta, mereka didampingi oleh sejumlah relawan selama menjalani pengobatan.

Sementara sang Ibu, Asmiyanti berharap, dengan pengobatan ini anaknya bisa cepat sembuh. Dirinya pun berterima kasih kepada pihak-pihak terkait, yakni Dinsos Kabupaten Gowa yang sudah memfasilitasi.

“Tentu yang pertama kami bersyukur kepada Allah, selain itu, kami berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa dalam hal ini teman-teman Dinsos sudah dibantu dan difasilitasi. kami sekarang di Jakarta tinggal di rumah singgah, kami mohon doanya untuk kesembuhan Putra kami,” ucap Asmiyanti.

(Afrilian Cahaya Putri)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.