Connect with us
alterntif text
alterntif text
alterntif text

Sulsel

RSKD Dadi Kebakaran, Puluhan Pasien ODGJ Dievakuasi

Published

on

By

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Kebakaran terjadi di area Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan Lanto Dg Pasewang, Kota Makassar, pada Minggu (26/09/2021) pagi.

Kebakaran melanda dua ruangan khusus perawatan pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), yakni ruang Meranti dan Kenanga.

Direktur RSKD Dadi, dr. Arman Bausat kepada wartawan mengatakan, informasi yang ia terima dari pihaknya bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 10.00 Wita.

Adapun sumber api menurut saksi mata berasal dari salah satu ruangan isolasi yang saat itu dalam kondisi terkunci.

“Satu ruangan isolasi psien jiwa di pojok yang terkunci tiba-tiba mengeluarkan api. Di ruangan itu memang ada 2 stop kontak di bagian pintu,” kata dr Arman.

Saat terjadi kebakaran seluruh pasien ODGJ berhasil dievakuasi. Masing-masing 6 pasien yang berada di ruang parawatan Meranti dan 33 pasien dari ruang perawatan Kenanga.

alterntif text

“Jadi tidak ada ji yang luka. Semua sudah dievakuasi,” ujarnya.

Adapun dampak kebakaran menyebabkan kerusakan pada dua ruangan yang digunakan untuk perawatan pasien ODGJ tersebut.

“Untuk ruang Meranti sekitar 95 persen terbakar dan untuk Kenanga sekitar 50 persen,” kata dr. Arman menggambarkan kondisi dua ruangan tersebut.

Ditanya kemungkinan adanya pasien gaduh, dr. Arman mengaku bahwa hasil keterangan para perawat tak satupun melihat pasien menunjukkan gejala, termasuk membawa barang-barang yang bisa memicu kebakaran.

“Perawat tidak melihat adanya pasien yang dicurigai melakukan pembakaran,” pungkasnya.

Pihak kepolisian sendiri masih melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran.

Diketahui, kebakaran di dua ruangan perawatan tersebut berhasil dipadamkan setelah 15 unit mobil pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, tiba di lokasi.

(Tm/*)

BAGIKAN:
Comments

Trending