Connect with us
alterntif text

NEWS

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Jatuh Hari Minggu

Published

on

By

alterntif text

Makassartoday.com, Jakarta – Awal Ramadan 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Minggu (3/4/2022). Penetapan tersebut diumumkan dalam sidang isbat awal Ramadan 1443 H yang digelar Kementerian Agama (Kemag) Jumat (1/4/2022).

Pada sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tersebut menyatakan secara mufakat 1 Ramadan 1443 H ditetapkan pada Ahad atau Minggu 3 April 2022.

“Secara mufakat 1 Ramadan tahun 1440 Hijriyah jatuh pada hari Ahad 3 April 2022 Masehi. Ini hasil sidang isbat yang baru saja kita selesaikan dan kita sepakati bersama,” kata Menteri Agama, dilansir dsri Beritasatu.com.

Sidang isbat digelar sesuai fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah.

Baca Juga : Pantauan Hilal di Makassar Baru 1 Derajat Lebih, Puasa Jatuh 3 April 2022

Sidang isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.