Connect with us
alterntif text

Regional

Penampakan Kapal Pesiar Mewah Le Soleal di Pelabuhan Jayapura

Published

on

By

alterntif text

Makassartoday.com, Jayapura – Hari masih pagi. Cuaca Kota Jayapura pada pekan lalu, tepatnya Selasa (4/10/2022) sangat cerah. Aktivitas warga pun masih sama seperti hari-hari biasa. Namun, ada aktivitas luar biasa yang terjadi di Pelabuhan Jayapura.

Pelabuhan terujung di wilayah timur Indonesia itu terlihat meriah dan cukup ramai oleh lalu lalang wisatawan mancanegara.

Kesibukan di pelabuhan yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Jayapura itu semakin bertambah dengan kombinasi kesibukan para petugas di lapangan dan kru kapal yang tak henti-hentinya memastikan situasi sekitar dalam keadaan aman dan nyaman.

Ya, hari itu Pelabuhan Jayapura kedatangan “tamu istimewa” yang sudah lama dinantikan, Kapal Pesiar Le Soleal, yang membawa sebanyak 191 wisatawan dari beberapa negara di luar negeri.

Kapal berbendera Perancis itu sandar di Dermaga Pelabuhan Jayapura pukul 08.00 WIT, dan disambut dengan tari-tarian dari masyarakat Kampung Kayu Batu.

Selama berada di Jayapura, wisatawan asing yang rerata berasal dari Perancis dan Inggris mengunjungi Kawasan Kalkote dan Asei yang berada di sekitar Danau Sentani, Kabupaten Jayapura.

General Manager Pelindo Regional 4 Jayapura, Sonny Uktolseya, mengatakan pihaknya sangat antusias dengan kedatangan kapal pesiar yang sebelumnya mengunjungi Nabire di Papua Tengah.

“Selama badai Pandemi Covid-19 yang menyerang hampir 2 tahun lamanya, ini merupakan kunjungan perdana kapal pesiar ke wilayah Papua. Dan ini tentu saja merupakan berkah bagi Pelabuhan Jayapura,” kata Sonny dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/10/2022).

Pihaknya berharap ke depan, akan ada lagi kunjungan-kunjungan kapal pesiar selanjutnya. “Apalagi penerapan keamanan Pelabuhan Jayapura mengacu pada Standar Keamanan atau ISPS Code, yang siap melayani pelayaran kapal internasional,” ujarnya.

Usai sandar selama kurang lebih 6 jam, Kapal Pesiar Le Soleal meninggalkan Pelabuhan Jayapura dan melanjutkan pelayarannya menuju Wewak, Ibu Kota Provinsi Sepik Timur, Papua Nugini.

Sebelumnya, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tual melakukan kegiatan Pemeriksaan Keimigrasian (Clearance In) di atas alat angkut Kapal Pesiar Le Soleal yang datang dari Darwin Australia.

Tercatat jumlah penumpang sebanyak 188 orang dan kru kapal sebanyak 154 orang. Penumpang Kapal Pesiar Le Soleal masuk menggunakan Visa Kunjungan Saat Kedatangan (VKSK/VOA).

Kegiatan Pemeriksaan Keimigrasian (Clearance In) di atas alat angkut Kapal Pesiar Le Soleal berjalan dengan lancar, Penumpang dan Kru Kapal tidak masuk dalam daftar cekal.

Editor: Ariel

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.