Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Curi Ponsel Karena Punya Utang di RS, Ibu Lima Anak Dibebaskan dari Hukum

Published

on

By

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Polrestabes Makassar kembali menerapkan pendekatan mediasi kasus hukum atau dikenal dengan istilah restorative justice. Kali ini terhadap N (32), seorang ibu lima anak yang menjadi pelaku pencurian ponsel.

Pelaku N mendapatkan pengampunan hukum usai menjalani proses mediasi dengan korban pemilik ponsel di Mapolrestabes Makassar, Kamis (13/10/2022).

Kapolrestabes Makassar, Kombes Budi Haryanto mengatakan, hasil pemeriksaan diketahui bahwa tindak pidana pencurian yang dilakukan pelaku atas dasakan ekonomi, dimana pelaku memiliki utang biaya persalinan di rumah sakit.

Selain itu, pelaku juga ternyata masih mempunyai bayi yang baru berusia 1 bulan lebih dan selama ini pelaku hanya seorang diri menghidupi kelima orang anaknya, paska ditinggal suami.

“Faktor ekonomi, yang bersangkutan (N) saat melahirkan sempat pendarahan sehingga punya tagihan di Rumah Sakit (RS) sekitar Rp300 ribu makanya dia nekat melakukan pencurian,” kata Kapolrestabes Makassar.

Menurut Kapolrestabes Makassar, Kombes Budi Haryanto, penerapan restorativ justice harus mengedepankan rasa keadilan terhadap kedua belah pihak, baik korban maupun pelaku.

“Jadi kita undang dari korbannya, kita sampaikan apa faktanya soal kondisi dari pelaku dan korban memahami, sehingga korban mencabut laporannya. Sehingga tidak ada lagi alasan polisi melanjutkan perkaranya,” jelas Kombes Pol Budi.

Editor: Hajji Taruna

 

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.