Connect with us
alterntif text

Nasional

Mendukung Program Pembinaan AMN Surabaya

Published

on

By

alterntif text

Makassartoday.com, Surabaya – Pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya sudah selesai pada Mei 2022 lalu, kini telah rampung dan akan diresmikan secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Selasa (29/11/2022).

Pembangunan AMN Surabaya sendiri didanai dari APBN dan telah berdiri diatas lahan seluas 1,5 Hektare.

Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, pembangunan AMN Surabaya ini dapat menampung 532 mahasiswa dan diprioritaskan dapat menampung 40 persen mahasiswa asli Papua yang berkuliah di Jawa Timur.

BACA JUGA: AMN Wadah Untuk Mempersatukan Mahasiswa Multi-Kultur

“Saat ini AMN Surabaya dalam pengelolaanya melibatkan stakeholder pendidikan yang ada diwilayah tersebut seperti Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran dan saat ini sudah dihuni oleh sekitar 410 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Surabaya dan sekitarnya,” ujar Diana.

Bangunan AMN Surabaya terdiri dari dua tower setinggi lima lantai dengan mengadopsi konsep arsitektur tropis yang mengimplementasikan prinsip Bangunan Gedung Hijau. Blok satu dihuni mahasiswa perempuan dan blok kedua dihuni mahasiswa laki-laki.

Selain sebagai hunian bagi mahasiswa berprestasi penerima beasiswa, AMN Surabaya juga difungsikan untuk kegiatan pembinaan yang penyelenggaraannya dipercayakan kepada Badan Intelijen Negara (BIN).

BIN bersama kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan bekerja sama dalam pengelolaan dan pembinaan yang akan dilakukan di Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN).

Badan Intelijen Negara (BIN) yang saat ini dikepalai oleh Jenderal Polisi Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. merupakan lembaga negara yang memliki peran sebagai lini terdepan di bidang intelijen.
BIN bertugas dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara, guna menjamin suksesnya pembangunan nasional. Sehingga sudah sepatutnya terlibat dalam program pembinaan generasi muda sebagai wujud pembangunan manusia seutuhnya dalam mempersiapkan generasi generasi muda yang tangguh dan berwawasan karakter Pancasila dan kenusantaraan.

Program pembinaan oleh BIN diharapkan menjadi wadah yang dapat mencerminkan indahnya kebhinekaan di antara beragam perbedaan dari setiap mahasiswa yang akan menempati asrama tersebut.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan membangun Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) diberbagai daerah lainnya berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021. Adapun AMN yang akan di bangun di daerah.lainnya diantaranya, Malang, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan Minahasa.

(**)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending

Copyright © 2015 makassartoday.com. All Right Reserved.