Connect with us
alterntif text
alterntif text
alterntif text

BISNIS

10 Langkah Memilih Platform Bursa Kripto Bagi Pemula

Published

on

By

alterntif text

Makassartoday.com, Makassar – Minat masyarakat terhadap cryptocurrency setiap hari semakin meningkat, sehingga kini banyak juga platform bursa kripto yang bermunculan. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan bagi pemula untuk menggunakan platform apa yang tepat.

Banyaknya platform bursa kripto yang muncul tentu memberikan kemudahan bagi penggunanya, bahkan mereka bersaing untuk menyediakan fitur layanan kepada penggunanya untuk trading atau investasi dalam aset kripto.

Dilansir dari berbagai sumber, kamu tidak perlu bingung untuk memilih bursa kripto, Pasalnya ada beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan bursa yang tepat, diantaranya adalah:

1. Memiliki Legalitas Hukum 

Rahasia selanjutnya adalah kamu harus berhati-hati dengan legalitas hukum dari bursa kripto tersebut. Perhatikan izin usaha dan hukumnya, di Indonesia hukum bursa kripto terdaftar di Bappebti.

Advertisement

Dengan mendaftarkan bursa ke badan pemerintah, berarti bursa kripto tersebut telah lulus ujian dengan benar dan mematuhi undang-undang yang berlaku.
Dilindungi oleh undang-undang ini, sehingga karyawan juga dapat berinvestasi dengan tenang. Karena jika bursa melakukan hal yang merugikan dan melanggar hukum, pekerja dapat melaporkannya ke pihak berwajib dan mendapatkan perlindungan.

2. Keaslian perusahaan dan pelanggan 

Jika baru mengenal dunia crypto, kamu  memerlukan bursa kripto dan layanan pelanggan yang mudah tentang cara menggunakan platform tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan layanan pelanggan.

Selanjutnya, validasi bisnis, kamu dapat memeriksa apakah bursa mengungkapkan pemilik, tempat usaha, dan anggotanya. Dengan memahami perubahan, pengguna dapat berinvestasi dengan tenang dan jika perubahannya signifikan, mereka dapat menghindari batasan hukum atau layanan yang buruk. Itulah berbagai tips memilih crypto exchange terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai referensi ketika ingin menggunakan bursa kripto dalam berbisnis.

3. Keamanan 

Advertisement

Tips pertama, kamu harus memperhatikan poin terkait keamanan keamanan bursa kripto maka kamu dapat mengetahui apakah bursa menggunakan cold wallet untuk menyimpan aset, menggunakan 2FA untuk menjaga akses pengguna, memiliki notifikasi kepada pengguna jika ada kegiatan mencurigakan.

Dengan mengetahui tingkat keamanan bursa kripto yang kamu pilih, maka kamu bisa berinvestasi dengan nyaman dan aman tanpa ada perasaan khawatir.

4. Biaya 

Poin selanjutnya yang harus kamu perhatikan saat memilih bursa kripto yang tepat adalah dengan melihat beban biaya yang dikenakan oleh platform. Banyak bursa membebankan biaya tambahan selama proses deposit, transaksi, dan penarikan.

Biaya juga bervariasi, pilihlah fleksibilitas dan biaya yang sesuai dengan anggaran kamu. Jangan memilih bursa kripto dengan biaya tinggi karena ini dapat menghabiskan lebih banyak uang saat memproses transaksi.

Advertisement

5. Tampilan

Poin ketiga yang harus kamu perhatikan dalam memilih bursa kripto yang tepat dengan memperhatikan presentasi dan platform. Periksa apakah platform mudah digunakan dan mudah dilihat. Jika kedua aspek ini terpenuhi, proses investasi bisa menjadi mudah, karena tidak butuh waktu lama bagi pengguna untuk berinteraksi dan memahami cara kerja crypto exchange.

6. Cara Pembayaran 

Tips lainnya adalah dengan melihat metode pembayaran yang ditawarkan, pilihlah bursa kripto yang menawarkan pembayaran dalam mata uang fiat seperti rupiah sehingga prosesnya lebih mudah. Pilih bursa kripto dengan metode pembayaran berbeda yang umum digunakan. Misalnya, melalui transfer bank, dompet elektronik, dll.

7. Likuiditas

Advertisement

Semakin tinggi harga pasar, maka akan semakin fluktuatif. Likuiditas memungkinkan untuk melakukan transaksi dengan cepat, mudah dan tanpa khawatir dengan perubahan harga. Periksa apakah bursa kripto menawarkan harga “terkunci”, yang menjamin harga selama perdagangan meskipun tidak segera diselesaikan.

8. Jumlah Aset Kripto 

Poin yang juga harus kamu perhatikan dengan memilih bursa kripto yang menawarkan banyak pilihan aset. Dengan cara ini kamu dapat membeli kripto yang berbeda, dengan cara ini kamu juga  dapat mengedit aset dompet dalam satu aplikasi yang akan memudahkan mengelola dan mengembangkan aset.

9. Reputasi 

Langkah selanjutnya yang harus diambil saat memilih platform bursa kripto adalah reputasinya. Kamu perlu mengetahui seberapa bagus reputasi bursa kripto tersebut, bisa menemukannya di forum atau komentar di playstore.

Advertisement

Memiliki reputasi yang baik berarti bursa kripto ini mampu memuaskan penggunanya dan dapat membuat proses investasi kripto menjadi lebih efisien dan bebas stres. Selain manfaatnya, periksa juga apakah perubahan tersebut telah rusak dan bagaimana cara memperbaikinya, apakah mereka dapat memperbaikinya dengan sukses atau tidak.

10. Asuransi 

Seringkali, aspek ini tidak dipertimbangkan saat memilih bursa kripto, namun nyatanya, poin ini juga sangat penting untuk menjamin uang yang diinvestasikan. Asuransi berguna untuk melindungi bursa dan pengguna terhadap kerugian yang tidak terduga, seperti ketika nilai tukar dan pendapatan pelanggan hilang karena fluktuasi nilai tukar.

Dalam asuransi ini berarti penukaran biasanya ada uang yang harus dibayar, tanpa asuransi uang  bisa hilang sama sekali dan tidak diganti.

Rekomendasi Tepat Bursa Kripto

Advertisement

Ada begitu banyak penawaran hebat pada mata uang digital atau aset kripto akhir-akhir ini yang bisa menggoda. Tetapi sebagai pemula, lebih baik pikirkan baik-baik cara yang akan kamu gunakan, berikut rekomendasi yang bisa kamu ikuti:

1. Pintu

Pintu App di bawah PT Pintu Kemana Saja adalah platform perdagangan bitcoin dan cryptocurrency pertama di Indonesia yang berfokus pada kemudahan dan kenyamanan pengguna dalam membeli/menjual aset crypto melalui smartphone.

Bursa kripto ini berfokus pada layanan perdagangan crypto dan aplikasi. Kamu dapat menyimpan, mengirim, dan memperdagangkan aset kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, dan lainnya, secara instan dan tanpa masalah.

Ada banyak manfaat nyata yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Pintu untuk mendapatkan crypto secara online, antara lain:

Advertisement

1. Kamu dapat menggunakan layanan ini tanpa mengunci properti yang ada.
2. Bunga Keuntungan dapat transfer per jam hingga 4%.
3. Dapat menciptakan manfaat jangka panjang dan jangka pendek.
4. Bebas atau tidak puas.
5. Untuk tujuan perdagangan, kamu dapat menarik uang kapan saja.

Nah untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi kripto secara mudah, download Pintu: Jual/Beli Aset Digital oleh PT Pintu Kemana Saja di App Store atau Play Store kamu.

(**)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending